BELUM DIPERCAYA: Naskah soal ujian nasional (unas) disimpan di Mapolsek, karena itu pihak sekolah penyelenggara unas mondar madir ke polsek untuk mengambil soal. Tak hanya itu, soal unas yang boleh diambil hanya yang diujikan pada hari itu. (KM/ISTIMEWA)

10.356 Siswa SMP Ikuti Unas Mulai Senin Ini

868 views

korankabar (BANGKALAN) –Sebanyak 10.356 siswa SMP sederajat di Bangkalan mengikuti ujian nasional (unas) mulai Senin (4/5) hari ini dan berlangsung hingga empat hari ke depan.

Selama empat hari itu pula, pihak sekolah penyelenggara unas dipastikan akan bolak balik ke polsek terdekat guna mengambil soal yang sejak Sabtu (2/5) didistribusikan dari mapolres ke masing-masing polsek.

Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan (Kadisdik) Bangkalan, Moh. Mohni mengatakan, soal unas SMP sederajat sudah didistribusikan akhir pekan kemarin. “Hari ini (Sabtu) sudah kita distribusikan soal UN SMP sederajat hingga ke kantor Mapolsek,” ujar Mohni melalui Kepala Seksi Kurikulum SMP, SMA, Risman Iriyanto, kemarin. “Hari Senin (ini), saat UN dilaksanakan, sekolah penyelenggara (unas) mengambil setiap hari dari kantor Polsek,” terang Risman Iriyanto.

Sebagaimana diketahui sebanyak 404 boks soal unas SMP sederajat yang didistribusikan pada pekan kemarin, dikawal langsung oleh aparat kepolisian hingga ke mapolsek masing-masing.

Dijelaskan Risman, soal yang telah diambil dari kantor Mapolsek itu langsung dibawa ke sekolah penyelenggara. “Jadi kita nyimpan soal-soal UN itu di Mapolsek, dan ini sudah sesuai dengan aturan yang ada untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran soal,” jelas Risman.

Lebih lanjut Risman menjelaskan, jumlah soal unas yang didistribusikan dari Mapolres ke polsek-polsek itu sebanyak 404 boks, dengan perincian soal untuk SMP/MTS sebanyak 334 boks dan soal untuk kejar Paket B sebanyak 68 boks. “Jadi semua soal UN prosedurnya sama, baik soal untuk peserta ujian kejar paket B,” terangnya.

Sementara untuk lembaga penyelenggara unas, kata Risman, untuk di Bangkalan, untuk SMP/Mts 298 lembaga dan untuk Paket B sebanyak 68 PKBM. “Kalau total peserta UN SMP dan MTs sebanyak 10.356 siswa,” tutur Risman.

Dengan telah didistribusikannya soal-soal unas tersebut, dia berharap dalam pelaksanaanya nanti berjalan lancar. “Ya kami berharap pelaksanaannya UN SMP dan Mts yang akan digelar selama 4 hari berjalan lancar,” pungkas Risman. (zis)

Related Search