16 Perguruan Silat Adu Jurus

3749 views

PILANG- Sebentar lagi, sejumlah pesilat di Kota Probolinggo bakal adu jurus. Ikatan pencak silat Indonesia (IPSI) Kota Probolinggo bakal menggelar kejuaraan tahunan pencak silat Wali Kota Cup 2015. Jadwalnya direncanakan digelar pada 20-22 Maret, di Gedung Olahraga (GOR) Achmad Yani Kota Probolinggo.

Sebanyak enam belas perguruan silat di Kota Probolinggo akan hadir dan mengikutsertakan pesilat terbaiknya, untuk mengikuti kejuaraan tersebut.        Kejuaraan tersebut dibagi menjadi 4 kategori dan kelas yang dipertandingkan, yaitu kategori pra remaja, remaja, dewasa A dan terakhir dewasa B. Untuk penentuan kelasnya sendiri sebelum dimulainya pertandingan akan di timbang terlebih dahulu berat badannya.

Kejuaraan ini sendiri diselenggarakan untuk mencari pesilat terbaik yang akan dikirim di tiga kejuaraan yang berbeda, di antaranya kejuaraan pra porprov (pekan olah raga provinsi), O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional), dan porprov (pekan olah raga provinsi) 2015.

Kuota atlit dari masing-masing kejuaraan tersebut bervariasi. Untuk kejuaraan O2SN kuotanya yaitu 3 atlit putra dan 3 atlit putri, untuk Pra Porprov kuotanya 6 atlit putra dan 3 atlit putrid, sedangkan untuk Porprov sendiri kuotanya yaitu 10 atlit putra dan 10 atlit putri.

Kejuaraan yang rutin dilaksanakan oleh IPSI ini nyatanya menganggarkan dana yang tidak sedikit yaitu Rp75 juta dari anggaran pengurus cabang (pengcab) IKASI selama setahun yang mereka terima dari komite olahraga nasional Indonesia (KONI) Kota Probolinggo senilai Rp100 juta.

“Kejuaraan ini memang sengaja dibuat megah dan menghabiskan dana yang tak sedikit karena memang sudah menjadi agenda kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya dan juga melibatkan banyak perguruan silat,”ujar Sucipto salah satu pengurus IPSI Kota Probolinggo.

Dalam persiapan penyelenggaraan kejuaraan ini tak lepas dari beberapa kendala dan hal ini sangat mengganggu persiapan pihak panitia.

“Antusiasme dan ketertiban administrasi pemain dari salah satu perguruan silat yang sampai saat ini belum juga melengkapi persyaratan administrasi yang di minta oleh pihak panitia” imbuh Sucipto.

Akibat dari keterlambatan tersebut otomatis mengganggu proses pengundian pertandingan antar perguruan pencak silat terbaik se-Kota Probolinggo tersebut.(tm/tiq)

 

 

16 perguruan yang bernaung di bawah IPSI Kota Probolinggo :

  1. Perisai Diri
  2. Tapak Suci
  3. Setia Hati Teratai
  4. Pagar Nusa
  5. AS AD
  6. Jihatsu
  7. Sukitang
  8. Persisai Sakti Mataram
  9. Macan Wulung
  10. Pedang Merah
  11. OCC Pangastuti
  12. Merpati Putih
  13. Rajawali Putih
  14. Budi Suci
  15. Intisari Ilmu
  16. Ibnu Alwan

Related Search