Pendidikan

Universitas Pancasila Batal Jadi PTN

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana perubahan status Universitas Pancasila sebagai perguruan tinggi negeri akhirnya tidak dilanjutkan. Pihak yayasan memilih konsisten menjadi perguruan tinggi swasta dengan berbagai pertimbangan.

Salah satu kendala terkait dengan rencana perubahan status tersebut ialah keterbatasan lahan. “Karena ada sekitar 11 persyaratan, salah satunya ada kendala, yakni menyiapkan lahan 30 hektare sedangkan di sini hanya sekitar 10 hektare. Lahan segitu di Jakarta kan butuh modal besar sehingga kami putuskan untuk memaksimalkan kualitas,” ujar Rektor Universitas Pancasila, Wahono Sumaryono, kemarin.

Wahono mengatakan berbagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas tersebut antara lain dengan menambah jumlah pengajar berkualifikasi doktor atau guru besar, berbagai dukungan pembelajaran, serta dorongan penelitian.

Dalam kesempatan yang sama, ada satu hal mencuat yang dikemukakan terkait dengan sumber daya manusia muda Indonesia dan keberanian hadir di tengah lingkungan yang semakin heterogen dan berstandar global.

“Bangsa Indonesia kerap mengalami inferiority kompleks atau permasalahan rasa rendah diri yang harus diputus,” ujar Silverius Yoseph Soeharso, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Pembina Yayasan Universitas Pancasila, Siswono Yudo Husodo. Ia mengatakan saat ini upaya peningkatan kualitas sumber daya muda Indonesia masih menjadi tugas berat yang harus diemban setiap penggiat pendidikan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top