News

PPP Pamekasan Ajukan Sumua Pendaftar ke DPP

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Panitia Pendaftaran Bakal Cabup dan Cawabup Pilkada 2018 DPC PPP Pamekasan Halili memastikan untuk mengajukan semua nama pendaftar ke DPP PPP.

Saat ini tercatat sebanyak delapan orang yang sudah mengambil formulir pendaftaran sejak Kamis (31/8/2017) hingga Selasa (5/9/2017) kemarin. Sementara jadwal pengembalian formulir mulai digelar hari ini, Rabu hingga Sabtu (6-9/9/2017) mendatang.

“Semuanya (figur yang mendaftar) nanti akan kami ajukan (ke DPP PPP), terpenting memenuhi syarat administratif,” kata Halili kepada sejumlah wartawan di Kantor DPC PPP Pamekasan Jl Bonorogo 92.

Dalam proses pendaftaran tersebut, pihaknya hanya melakukan tahapan seleksi administratif dan tidak memiliki wewenang untuk memutuskan figur yang akan direkomendasikan untuk momentum pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten.

“Nanti ada mekanisme yang akan dilakukan partai, khususnya oleh panitia (penerimaan). Tapi nanti DPP (PPP) yang akan menentukan rekomendasi, kita disini hanya melakukan seleksi tahapan administrasi dan nantinya akan dilanjutkan ke DPP,” ungkapnya.

Hal itu bukan berarti kepengurusan di tingkat cabang tidak memiliki peranan dalam penentuan rekom terhadap figur yang akan diusung, namun DPC juga memiliki peranan yang tidak kalah penting.

“Jadi DPP dan DPW (Jawa Timur) nanti tidak ada ‘ujuk-ujuk’ bisa memberikan rekom, tapi juga nanti akan meminta masukan dari bawah. Termasuk dengan para tokoh (ulama) PPP, itu akan menjadi pertimbangan,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Pamekasan.

Tidak hanya itu, pihaknya memastikan para figur memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi dari partai berlogo Ka’bah. “Mereka sama-sama berpeluang, karena PPP lebih mengedepankan terhadap aspek kemampuan daripada kelayakan. Tanpa mempertimbangkan mahar,” tegasnya.

Berdasar rekap pengambilan formulir, tiga dari delapan figur dipastikan bakal mencalonkan diri sebagai bupati Pamekasan periode mendatang. Masing-masing Badrud Tamam, KH Kholilurrahman dan Rudy Susanto. Sementara lima figur lainnya mengincar posisi bakal cawabup, yakni Herman Kusnadi, Roja’i, Samhari, Taufadi dan Wazirul Jihad. [pin/suf]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Most Popular

To Top