Ada Naskah Unas Lewat ‘Jalan Tol’

953 views

SAMPANG-Distribusi naskah soal ujian nasional (unas) tingkat SMP di Sampang, sudah dilakukan pihak dinas pendidikan
(disdik) setempat bersama Polres Sampang pada akhir pekan kemarin, atau Sabtu (2/5). Namun hingga kemarin (3/5) seluruh naskah soal unas dipastikan masih berada di masing-masing sub-rayon, atau mapolsek, di masing masing kecamatan. Kecuali untuk kawasan Pulau Mandangin, naskah soal unasnya tidak menginap dulu di mapolsek setempat, melainkan langsung dikirim ke lokasi unas, yakni SMPN 5 Sampang, Mandangin.

Kabag Ops Polres Sampang, AKP Sarwo menegaskan, sesuai aturan yang telah ditetapkan, semua naskah soal unas harus diinapkan dulu di mapolsek, sebelum didistribusikan ke masing-masing lokasi penyelenggara unas. Kemudian, baru pada hari-H pelaksanaan unas masing-masing pihak penyelenggara unas, ‘menjemput’ naskah soal itu ke mapolsek.

Sarwo melanjutkan, khusus Pulau Mandangin memang mendapat perlakuan khusus. Distribusi naskah soal unas untuk kawasan pulau tersebut, diizinkan melalui ‘jalan tol’, tak perlu menginap dulu di mapolsek, mengingat layanan
transportasi laut ke pulau itu, tidak tersedia setiap hari, dan sering terkendala faktor alam. “Semua naskah unas wajib dijemput di masing-masing mapolsek setiap hari (selama penyelenggaraan unas), oleh penyelenggara unas, kecuali untuk daerah Pulau Mandangin,” tandas Sarwo, Minggu kemarin.

“Naskah soal untuk unas di pulau itu, langsung didistribusikan kepada pihak SMPN 5 Sampang (Mandangin, red). Karena berdasarkan pertimbangan, untuk Pulau Mandangin mendapat perlakuan khusus (karena berkaitan dengan persoalan transportasi),” imbuhnya.

Sarwo melanjutkan, meski distribusi naskah soal unas untuk Pulau Mandangin melalui ‘jalan tol’, namun pihaknya
tetap menjamin tidak akan ada kebocoran. Karena Polres Sampang telah menugaskan secara khusus, tiga personelnya untuk menjaga kerahasian dokumen negara itu selama pelaksanaan unas berlangsung. Dia juga mengungkapkan,
kebijakan mendistribusikan lewat jalan tol, naskah soal unas untuk Pulau Mandangin tersebut, sudah melalui koordinasi dengan Disdik Sampang.“Pertimbanganya adalah faktor cuaca, jarak tempuh, dan juga pasang surutnya air laut.Sehingga (naskah soal unas) untuk daerah Pulau Mandangin langsung ditempatkan di SMPN 5 yang tentunya disertai
kawalan ketat dari pihak kepolisian dan perwakilan Disdik Sampang,” urainya.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Kabid Kurikulum Disdik Sampang, Arief Budiansor. Menurutnya, semua naskah soal unas sudah berada di masing-masing polsek, kecuali untuk Pulau Mandangin. ”Semua soal sudah berada di masing masing polsek, kecuali untuk daerah Pulau andangin yang ditempatkan di SMPN 5. Karena penyelenggara unas tidak mungkin melakukan penjemputan naskah soal setiap hari dari Pulau Mandangin ke (Kecamatan) Kota Sampang.” paparnya.
Informasi yang dirangkum Kabar Madura, unas tingkat SMP di Sampang akan diikuti oleh sekitar 8.580 siswa, jumlah
tersebut sebagaimana tersebar pada 63 lembaga penyelenggara, serta 125 lembaga lainya. Penyelenggaran unas tingkat
SMP itu, berlangsung selama tiga hari, dan dimulai hari ini (4/5). (sam/yoe)

Related Search