BANJIRBELUM TERTANGANI: Sekalipun sudah terjadi berkali-kali pada tahun ini, bancana banjir masih mengintai daerah perkotaan dan Kecamatan Pademawu.KM/WAWAN AWALLUDDIN HUSNA

Air Bah Masih Intai Perkotaan dan Pademawu

953 views

KORANKABAR (PAMEKASAN)-Bencana banjir masih mengintai daerah perkotaan Pamekasan. Intensitas hujan yang masih tinggi, memungkinkan daerah rawan terjadi bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan memilih memperpanjang status tanggap darurat bencana.

Kepala BPBD Pemkab Pamekasan Akmalul Firdaus mengatakan, kendati sudah berulangkali diterjang banjir, sejumlah kawasan khususnya kecamatan kota Pamekasan, belum bisa disimpulkan terbebas. Banjir akibat meluapnya air sungai Kali Semajid itu, masih akan terjadi saat hujan lebat di hulu sungai.

“Hasil koordinasi dengan BMKG, curah hujan di Kabupaten Pamekasan diperkirakan masih cukup tinggi sampai akhir bulan April,” kata Akmalul Firdaus.

Beberapa kali luapannya merendam ratusan pemukiman di Kota Pamekasan dan Kecamatan Pademawu. Bencana terakhir, sedikitnya merendam 3 kelurahan Kota Pamekasan, antara lain Gladak Anyar, Parteker dan Patemon. Selain dari luapan sungai itu, tumpahan air hujan yang lebat, juga merendam kawasan Jokotole dan Desa Budaggan, Kecamatan Pademawu.

Di wilayah tersebut, rendaman terjadi akibat berkurangnya lahan resapan air dan buruknya drainase perkotaan. Dimungkinkan, banjir itu masih akan terjadi. Akhirnya, hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dijadikan dasar memperpanjang masa darurat bencana. Diperkirakan awal musim kemarau baru dimulai pada bulan Juni atau Juli 2015 mendatang.

“Selain banjir, yang diantisipasi juga bencana tanah longsor. Di daerah perbukitan, dengan posisi kemiringan tanah yang ekstrem, masih berpotensi longsor,” imbuhnya.

Sebenarnya, masa status darurat di Kabupaten Pamekasan berakhir pada tanggal 10 April lalu. Dengan intensitas hujan yang masih tinggi, akhirnya diperpanjang. Kendati demikian, pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan BMKG, untuk mendapat informasi terbaru kondisi cuaca di Kabupaten Pamekasan

“Kami juga masih akan melakukan koordinasi lebih lanjut, untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai prakiraan cuaca hingga memasuki musim kemarau nanti,” tandasnya. (waw/anm)

Related Search