KAWAL KETAT: Pemain belakang Madura United Munhar bertarung dengan penyerang PSM Makassar Ferdinand Sinaga pada laga pertama TSC di Stadion Gelora Bangkalan, (17/7) lalu. F-Madura United KM/Tabri S Munir

Asa Curi Angka Berebut Untung dari Pemain Absen

218 views

 

 

KORANKABAR.COM(MAKASSAR)-Selama pelaksanaan Torabika Soccer Championship (TSC) tahun ini, Madura United tercatat mampu menaklukkan 3 tim dalam dua leg pertandingan. Yakni, PS TNI (2-1, 4-1), Persiba Balikpapan (3-1, 2-1) dan Persegres GU (2-1, 4-1).

Peluang untuk menambah catatan memenangi dua kali pertandingan dengan satu tim, masih terbuka lebar dari 7 pertandingan sisa. Yakni, PSM Makassar, Persija Jakarta, Barito Putra, Persela Lamongan dan Persipura Jayapura.

Lima tim tersebut, pada pertemuan pertama di putaran pertama lalu sama-sama menyandang status takluk atas Madura United di Stadion Gelora Bangkalan (SGB). Namun, dari catatan kemenangan dua leg atas tiga tim, baru Persiba Balikpapan yang tercatat kalah lebih awal di SGB. Sementara untuk PS TNI dan Persegres GU, Madura United mengawali kemenangan di kandang mereka.

Mengulangi catatan menang beruntun dalam dua kali pertemuan seperti saat hadapi Persiba Balikpapan, diakui Gomes Olivera, pelatih kepala Madura United bukanlah perkara mudah saat menghadapi PSM Makassar. Tim besutan Robert Ree Albert tersebut, diakui Gomes memiliki pemain yang solid dan mengalami peningkatan prestasi sejak kekalahan atas Madura United di leg pertama lalu.

“PSM beberapa kali mampu memenangi pertandingan di kandang lawan. Pertandingan besok, mereka juga akan bermain di hadapan publiknya sendiri. Tidak mudah memang menjalani pertandingan di sini (Stadion Andi Matalatta, red), tetapi tidak ada hal yang tidak mungkin bagi kami untuk mencuri poin,” jelas pelatih asal Brasil tersebut.

Gomes menegaskan pihaknya datang jauh-jauh dari Madura bersama timnya bukan untuk menerima pembantaian di dalam pertandingan. Diakuinya, pengalaman pahit dibantai oleh Sriwijaya FC dan PS Semen Padang harus menjadi cambuk agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.

Semangat untuk bangkit tersebut memang berjalan kurang mulus, sebab, lagi-lagi Madura United harus kehilangan pemain pilarnya pada pertandingan besok sore. Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab tidak bisa memainkan Bayu Gatra dan Dane Milovanovic guna hadapi Ferdinand Sinaga dan kawan-kawan.

Guna menutupi kelemahan tanpa kehadiran Dane Milovanovic dan Bayu Gatra, Gomes tampaknya akan kembali memainkan permainan dengan memperkokoh lini belakang mereka. Maulana Putra yang dalam 2 pertandingan terakhir diparkir di bench pemain, dimungkinkan akan dipersiapkan untuk mengisi posisi bek kanan.

Eks pemain PSM Makassar di Piala Jendral Soedirman tersebut, diharapkan jadi tokoh kunci untuk mematikan permainan cepat PSM Makassar yang selalu datang bertubi-tubi dari Rahmad Latif dan Ferdinand Sinaga.

Penekanan menjaga kedalaman skuad, diakui Gomes karena pihaknya mengharapkan para pemainnya bermain lebih sabar dan tidak gegabah dalam melakukan penetrasi penguasaan daerah pertahanan lawan.

“Masih banyak kemungkinan untuk mempersiapkan pertandingan besok. Informasi bahwa ada beberapa pemain PSM absen, tentunya harus bisa menjadi sebuah keuntungan bagi kami. Tetapi, kami kan juga tidak akan diperkuat beberapa pemain,” pungkas Gomes. (bri/h4d)

Related Search