Banjir, Wali Kota Tak Berdaya

1387 views

KORANKABAR (PROBOLINGGO)Banjir, menjadi salah satu pokok permasalahan berat yang dihadapi Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo. Selasa (7/4) lalu, genangan air menenggelamkan kawasan Jalan Sunan Kalijogo, Kelurahan Jati, Mayangan, Kota Probolinggo.

Kawasan tersebut selalu menjadi langganan banjir dengan ketinggian sebatas lutut orang dewasa atau sekira 50 cm. Fenomena tersebut seolah menjadi pemandangan rutin yang sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Pemkot Probolinggo terkesan tak berdaya dengan kondisi tersebut dan seolah membiarkan tanpa pernah memberikan solusi.

Selain kawasan Jalan Sunan Kalijogo, banjir di Kota Probolinggo juga menggenangi jalan protokol, antara lain Jalan Soekarno-Hatta, kawasan RSUD Probolinggo, Jalan HOS. Cokroaminoto, dan daerah Merpati.

Ketua RT.03/RW.08, Kelurahan Jati, Endang, menuturkan jika warga sudah melaporkan hal tersebut ke Pemkot Probolinggo, namun tidak mendapat respon yang memuaskan.

”Banjir sudah puluhan tahun. Sudah tiga kali ganti wali kota, tapi tetap saja banjir. Tidak ada perbaikan irigasi pembuangan air,” tuturnya kepada wartawan.

Sebelumnya Pemkot Probolinggo hanya mengirim pompa air ke kawasan tersebut jika tergenang banjir. Namun tetap saja air meluber hingga ke Kelurahan Sukoharjo. Saluran air yang dangkal dan sempit membuat air tidak mampu melaju dengan lancar. (mem)

 

 

Related Search