NGENDON : WargaDusun Kasangkah Timur Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal masih belum mendapatkan bantuan. KM/ABDUL WAHED

Berdalih Tanpa Laporan, BPBD Tahan Bantuan

KORANKABAR.COM(ROBATAL) – Selang lima hari sesudah bencana angin puting beliung melanda Dusun Kasangkah Timur Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal, tak ada satupun uluran tangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang untuk meringankan beban yang diderita para korbannya.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang Wisno Hartonoberdalih,tidak adanya bantuan tersebut karena tidak ada laporan dari pihak korban, sehingga sampai saat ini pihaknya belum bisa memberikan bantuan.

“Sampai saat ini belum ada laporan dari kades ataupun dari Kecamatan Robatal yang masuk kemeja saya, seharusnya kalau memang ada bencana, secepatnya pihak kades atau kecamatan tanggap untuk membuat laporan pada saya,” dalihnya, Kamis (15/9).

Dengan tidak adanya laporan tersebut, tegasnya,BPBD belum bisa menyalurkan bantuan yang bersifat sementara pada korban.

“Biasanya kalau ada bencana seperti itu, kami menyiapkan bantuan sementara dulu, seperti makanan, selimut, sarung, terpal, sembako dan lainnya, cuma bagaimana kami menyalurkan kalau tidak ada laporannya,” imbuhnya.

Namun kata Wisno, pihaknya akan tetap meninjau lokasi terjadinya bencana angin puting beliung tersebut untuk melihat kondisinya.

Diberitakan sebelumnya, hempasan angin puting beliung pada Sabtu siang (10/9)meluluh lantahkan rumah milik warga Dusun Kasangkah Timur Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal. Salah satunya milik Mattuli (35) yang kehilangan tempat tinggal lantaran terbuat dari material kayu dan bambu.

Tidak ada korban nyawa dalam kejadian tersebut, namun rumah dan beberapa perabot hancur lebur. Korban berharap ada uluran tangan pemerintah dan belas kasih donatur untuk bisa memperbaiki tempat tinggalnya, kerena selama ini korban tidur di lantai ytang terbuat dari alas seadanya. (awe/waw)

Related Search