BUTUH SUNTIKAN : Selain dana cadangan dari Pemkab Sampang, KPU Sampang juga butuh tambahan dari dana sharing dari Provinsi Jawa Timur.F/KPUKM/DOK

Dana Sharing Tak Turun, KPU Wadul Dewan

284 views

KORANKABAR.COM (SAMPANG)–Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Sampang dan Provinsi Jawa Timur (Jatim)tahun 2018 yang berbarengan, Komisi Pemilihan Umum(KPU) Sampanghanya mendapat dana cadangan sebesar Rp30 miliar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang.

Dalam pengajuannya, KPU Kabupaten Sampangmembutuhkan anggaransebesar Rp42 miliar. Sehingga dana cadangan yang hanya Rp30 miliar dinilai kurang, karena kebutuhan yang tidak sedikit. Dengan kondisi tersebut, pihaknya meminta Pemkab Sampang untuk segera mengajukan dana sharing dari Pemprov Jatim.

Pemkab Sampangtelah meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk menambah besaran dana sharing pada Pemilukada Kabupaten Sampang dan Provinsi Jatim tahun 2018.

“Dana cadangannya sudah final Rp30 miliar,sesuai Perda Kabupaten Sampang Nomor 4 tahun 2015,” kataKetua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sampang Syamsul Muarif.

Arif menjelaskan,dana sharing tersebut sangat dibutuhkan oleh KPU Sampang, pasalnya dari keputsuan rapat pleno terakhir, total pengajuan anggaran dikerucutkan menjadi Rp.42 miliar dari rapat awal yang mencapai Rp44 miliar.

“Inikan selisihnya terpaut jauh dari dana cadangan dan pengajuan yang kami sampaikan, sehingga dengan adanya dana sharing itu diharapkan dapat menambah kebutuhan yang ada,” jelasnya.

Aktivis HMI Sampang tersebut menambahkan, jika dana sharing itudisetujui Pemprov Jatim, akan dialokasikan untuk beberapa item, seperti honor kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan perlindungan masyarakat (Linmas), selain itu untuk honor panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Di tempat terpisah, Ketua Komisi I DPRD Sampang Moh Hodai mengatakan, pihaknya belum bisa menerima draf yang terbaru dari KPU Sampang, karena sedang mengikuti kegiatan bimbingan teknsi (bimtek) di Surabaya.

“Yang ada hanya draf lama, draf yang baru dengan adanya dana sharing belum masuk ke kami, rencananya hari ini, namun kami belum bisa menemui pihak KPU Sampang, karena ada kegiatan,” singkatnya melalui jaringan selluler. (awe/waw)

Related Search