Dewan Kunjungi Semarang

1110 views

MAYANGAN-Setelah Pansus I bertolak ke Pamekasan dan Kota Malang Rabu (18/3), rencananya Hari ini, Kamis (19/3), gilran pansus II ke Kota Semarang Jawa Tengah. Kunjungan kerja (Kunker) dengan beberapa satker itu dilaksanakan selama tiga hari dan berakhir pada Sabtu (21/3) mendatang.

Ketua Pansus II, Agus Riyanto tidak membantah jika dirinya bersama anggota lain akan berkunjung ke Semarang. Sebab, ibukota Jawa Tengah itu secara gerografis hampir sama dengan Kota Probolinggo. “Semarang itu kota banjir, mirip dengan sini. Termasuk cara menangani saat banjir Rob dan banjir akibat hujan secara bersamaan bagaimana. Itu nanti yang kami tanyakan juga, karena seperti yang diketahui orang-orang kalau hujan deras, pasti di sungai Kasbah banjir,” katanya.

Selain itu Kota Semarang juga telah mempunyai perda tentang pengelolaan drainase yang disahkan pada 2014 lalu. “Selain menyaring masukan dari masyarakat, kami juga akan lihat perda itu,” ungkapnya.

Politisi PDIP ini mengatakan, tidak hanya Pansus II yang akan berangkat ke Kota Semarang, melainkan dari satker akan ikut. Seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Bagian Hukum Setda Kota Probolinggo, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanian (Disperta), Bagian Pemerintahan. “Kami ajak Bagian pemerintahan agar nantinya bisa bersosialisasi pada camat dan kelurahan, tentang perda pengelolaan drainase,” ungkapnya.

Sementara itu, Pansus III rencananya akan berkunjung ke Bali pada akhir pekan ini. Namun, hal itu dibantah oleh ketua Pansus III H Rano Cahyono. Politisi Golkar ini mengatakan pihaknya belum mengetahui rencana study banding ke sejumlah daerah seperti yang dilakukan pansus I dan pansus II. Termasuk adanya informasi ke Bali pada akhir pekan ini. Karena sejauh ini agenda pansus III yang membahas tentang raperda pencegahan dan penanggulangan kebakaran, masih dalam pembahasan di internal pansus, kemudian masih ada sosialisasi ke sejumlah element masyarakat untuk masukan. (rul/tiq)

Related Search