ILUSTRASI

Dishubkominfo Tes Urine-Darah Sopir Bus

272 views

KORANKABAR.COM(PAMEKASAN)-Melubernya peredaran sabu di bumi gerbang salam cukup menjadi kekhawatiran pemerintah setempat. Utamanya penggunaan sabu di tingkat sopir bus. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Pamekasan pun bakal mengetes semua sopir bus di Terminal Ronggosukowati, Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan.

Dengan begitu, kemaksimalan mengemodi para sopir bus bisa terjaga. Sehingga, para penumpang bus menjelang mudik lebaran bisa pulang kampung dengan aman tanpa adanya hambatan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dishubkominfo Pamekasan Moh. Zakir kepada Kabar Madura, Kamis (2/7) kemarin. Menurutnya, tes urine bisa terlaksana jika terjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Sebab tes urine, pihaknya juga akan melakukan tes darah ke masing-masing sopir. Dengan begitu, bisa diketahui dengan pasti, adanya sopir yang tidak sehat.

Bila nanti ditemukan sopir yang tidak sehat, maka tidak akan digunakan pada saat mudik lebaran. Serta, akan meminta terhadap Perusahaan Akas agar mengganti sopir. Menurutnya, di samping melakukan pengecekan terhadap sopir, kelayakan angkutan juga perlu diperhatikan. Sebab, seringkali kecelakaan disebabkan lantaran tuanya kendaraan tersebut. Sehingga, tidak bisa stabil dalam perjalanannya.

“Insya Allah untuk uji kelayakan kendaraan dan tes urine ini akan kami laksanakan pada H-7 lebaran. Sehingga dengan itu, bisa dipastikan kemaksimalan para sopir dan kendaraan bisa dijamin aman untuk para penumpang. Jadi sopir bus satu-persatu akan diperiksa kesehatannya. Pemeriksaan itu guna persiapan mudik lebaran,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, salah satu tujuan pemeriksaan terhadap para supir tak lain hanya untuk mencegah pemakain narkoba. Sehingga, setiap sopir bus diwajibkan mengikuti tes kesehatan dengan cara melakukan cek darah ataupun tes urine. Jika nantinya ditemukan sopir yang mengonsumsi barang haram, maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk menyerahkan sopir tersebut terhadap aparat kepolisian. (ito/anm)

Related Search