PEMBINAAN : Dengan pelatihan dan penyuluhan pengembangan garam rakyat dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.KM/IST FOR KM

DKPP DONGKRAK PEREKONOMIAN MASYARAKAT PESISIR

195 views

 

KORANKABAR.COM(SAMPANG) –Untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di pesisir Kabupaten Sampang yang notabennya sebgai petambak garam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Kelautan Perikanan Dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Sampang terus melakukan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan pengembangan garam rakyat.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas harga garam dipasaran kita perlu pengelolaan manajemen yang tepat dan benar, salah satunya dengan penyeragaman kualitas produksi garam di Kabupaten Sampang.

Kepala DKPP melalui Kabid Kelautan DKPP Sampang, M. Mahfud mengatakan bahwa untuk tahun 2016, kegiatan pengembangan usaha garam rakyat (PuGar) mengalami perbedaan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, termasuk calon penerima dan lembaga dikemas dalam bentuk koperasi.

“Dengan terkemasnya sebuah wdah koperasi itu, manajemen yang ada nantinya akan lebih mudah dan terstruktur dengan rapi dan jelas,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan adanya berbagai kegiatan dan penyuluhan tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil yang akan didapatkan nantinya.

“Salah satu penunjang peningkatan kualitas dan kuantitas itu kita siapkan bantuan Giomembran pada koperasi yang sudah terbentuk dan siap direalisasikan,” tambahnya.

Selain itu pihaknya juga mulai mengembangkan produksi garam dengan cara prisma, artinya dengan inovsi tersebut nantinya masyarakat yang tidak mempunyai tambak garam akan bisa memproduksi dan dapat meningkatkan penghasilan keluarganya.

“Ini inovasi yang juga sedang kami galakkan, artinya bukan hanya petani yang punya lahan saja yang adapa meningkan, namun semuanya juga dapat meningkatkan produksi serta dapat meningkatkan pendapatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa potensi yang besar harus didukung pula dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas garam, untuk itu upaya dalam pengembangan usaha garam rakyat sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi garam yang ada di bumi Kabupaten Sampang.

“Upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petambak garam rakyat dengan beberapa upaya yang diantaranya bantuan sarana dan prasarana seperti jalan, jembatan, gudang, geoisolator, alat pengais, serta penyusunan master plan dan DED kawasan korporatisasi tambak garam di Kabupaten Sampang,” tuturnya.(awe/km)

 

Related Search