Edi Kurnia (kanan) pemanasan bersama Yoo Jae-Hoon. (KM/Rossi Rahardjo)

Edi Kurnia Masuk Tim Battle of Heroes

1689 views

KORANKABAR (SURABAYA)-Madura pantas berbangga! Penjaga gawang Madura United Perssu (MU-P) Edi Kurnia menjadi satu-satunya pemain asli Indonesia yang tergabung dalam skuad Tim Amigos dalam laga Battle of Heroes di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (13/6).

Tim Amigos merupakan gabungan legiun asing yang bermain di sejumlah klub Indonesia untuk bertanding melawan Andik and Friends dalam laga pershabatan memperingati HUT Surabaya ke 722 (31 Mei) dan HUT Persebaya Surabaya ke 88 (18 Juni).

Di bawah asuhan Coach Wanderley Junior, eks pelatih Persibo Bojonegoro, Tim Amigos diperkuat pemain-pemain jempolan seperti Ronald Fagundez, Mario Costas, Carlos Raul Scuicatti, Gaston Castano, Yoo Jae Hoon, Rafael Maitimo, dan sejumlah pemain lain.

Dijumpai Kabar Madura jelang pemanasan di lapangan, Edi menyatakan jika mendapat panggilan dari Coach Wanderley Junior untuk melapis Yoo Jae Hoon, penjaga gawang Pusam Balu United asal Korea Selatan.

”Panggilannya mendadak dan sengaja nama saya disembunyikan oleh panitia sebelum laga karena Tim Amigos merupakan gabungan pemain lokal. Sementara saya menjadi satu-satunya pemain asal Indonesia,” ujarnya.

Sejatinya, dalam Tim Amigos ada dua pemain berkebangsaan Indonesia. Selain Edi Kurnia, nama Rafael Maitimo yang merupakan pemain tim nasional Indonesia juga berada di sana. Namun Maitimo merupakan pemain naturalisasi asal Belanda.

Coach Wanderley Junior mengatakan memilih Edi Kurnia untuk melapis Yoo Jae Hoon. Menurut pelatih asal Brasil tersebut, timnya tidak memiliki cadangan pemain berposisi sebagai penjaga gawang lantaran Yoo Jae Hoon merupakan satu-satunya legiun asing di Indonesia yang berposisi sebagai penjaga gawang.

”Saya setuju memilih Edi Kurnia untuk melapis Yoo (Jae Hoon) karena dia memiliki kemampuan teknik yang bagus sebagai penjaga gawang. Saya beberapa kali melihat penampilan dan menilai dia layak bergabung dengan Tim Amigos,” tegas pria keling tersebut.

Selain Edi Kurnia, satu lagi penggawa MU-P juga tampil dalam laga persahabatan yang dihadiri sekitar 35 ribu Bonekmania—suporter Persebaya. Penjaga gawang Dedi Sutanto tergabung dalam tim Andik and Friends. Dalam laga kemarin, Dedi mengenakan kostum bernomor punggung 20.

Laga Battle of Heroes berakhir dengan skor 6-1 untuk kemenangan Tim Amigos melalui gol yang dicetak Antonio Telles, Mourad Fariz, Charly (2), dan Alejandro (2). Sementara satu gol Andik and Friends dicetak Cristian Carrasco di awal babak pertama. (rr)

Related Search