BANTING SETIR: Mantan Ketua Forum LSM Heru Budi Prayitno menegakkan keris seharga Rp5 miliar dengan kekuatan pikirannya.KM/IST.F-heru kerisBANTING SETIR: Mantan Ketua Forum LSM Heru Budi Prayitno menegakkan keris seharga Rp5 miliar dengan kekuatan pikirannya.KM/IST.F-heru keris

Imbas Politik, Koordinator Forum LSM Mundur

277 views

KORANKABAR.COM(KOTA)-Koordinator Forum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pamekasan Heru Budi Prayitno, memastikan diri tidak lagi memimpin organisasi yang menaungi sebagian besar LSM di Kota Gerbang Salam. Pemicunya ialah politik. Belum lama ini, Heru terpilih sebagai Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pamekasan.

“Benar, setelah terpilih sebagai Ketua DPD PAN Pamekasan, saya tidak lagi menakhodai Forum LSM Pamekasan. Tidak ada desakan dari siapapun. Hanya tidak etis jika saya tetap mempertahankan posisi tersebut, walaupun tidak ada aturan yang mengharuskan mundur,” terang Heru, Senin (15/8).

Diterangkan, kepastian mundur tersebut diutarakan pada saat audiensi LSM Senin (8/8) lalu di Lantai II Gedung Pemkab Pamekasan. Dia menegaskan hal itu di depan Bupati Achmad Syafii dan Wabup Khalil Asy’ari, serta seluruh SKPD dan seluruh anggota LSM yang tergabung di Forum LSM Pamekasan.

Mekanisme penggantiannya terdapat di Kesbangpol Pamekasan sebagai pembina ormas yang ada di Kabupaten Pamekasan. Kepada penggantinya nanti, Heru berharap supaya Forum LSM dijadikan sebagai agent of control yang berkualitas. Di samping itu, dapat mengkoordinir LSM yang tergabung agar tidak bertindak sebagai Auditor dan sejenisnya.

“Dan tidak membuat predikat LSM yang buruk di mata publik. Koordinator Forum LSM bukan jabatan strategis, tidak mendapatkan apa-apa karena sifatnya hanya koordinatif yang menyatukan LSM yang ada,” ungkap Heru.

Forum LSM Pamekasan, kata Heru, dibentuk atas Surat Edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ke Gubernur dan diteruskan ke Bupati agar LSM membentuk forum. Tujuannya, agar mudah terpantau dan terdata.

“Maka dibentuklah Forum Lsm dan satu-satunya yang ada di Pamekasan. Koordinator Forum LSM tidak mempunyai kapasitas untuk mengajak LSM untuk bergabung atau tidak. Mau gabung, silakan. Tidak mau bergabung, tidak masalah,” ujar Heru.

Masa akhir jabatan koordinator, tambahnya, tidak ada yang perlu dipertanggungjawabkan ke anggota yang lain, baik dari segi kinerja maupun keuangan. Sebab, memang tidak pernah dapat bantuan apapun dari pemerintah.

“Sejak awal memang benar-benar independen. Bukan LSM pelat merah. Saya sudah punya calon pengganti, saya nanti komunikasikan dengan pihak Kesbangpol Pamekasan,” tukasnya. (waw/nam)

Related Search