SEKDES

Jabatan Sekdes PNS Berbatas 6 Tahun

2099 views

KORANKABAR (PAMEKASAN)-Jabatan sebagai sekretaris desa (sekdes) ternyata berbatas waktu. Pemkab Pamekasan telah memberikan sinyal pergantian bagi sekdes yang sudah lama menikmati kedudukannya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lukman Hadi Mahdia, Kamis (9/4) mengatakan, sekdes yang berstatus sebagai PNS itu bisa diberhentikan dengan jenjang waktu selama 6 tahun menjabat. Para abdi negara itu bisa ditarik ke instansi lain di lingkungan pemkab setempat.

Hal tersebut dilakukan, dengan alasan mengingat saat ini beberapa instansi di Pamekasan banyak membutuhkan tenaga atau pegawai. Sehingga, dengan adanya ketentuan waktu jabatan tersebut setidaknya bisa meminimalisasi kekurangan pegawai di lingkungan pemkab dan bisa terpenuhi untuk maksimalnya dalam bekerja.

”Pada intinya bagi sekdes yang PNS sudah menjabat lebih dari 6 tahun, bisa diganti dengan pegawai lain. Sementara yang bersangkutan (sekdes, red) akan ditempatkan atau digeser di kantor kecamatan. Bahkan, bisa ke instansi lain. Karena instansi di lingkungan pemkab ini juga membutuhkan para pegawai,” ujarnya.

Meski demikian, Lukman mengaku dari 13 kecamatan daerah Pamekasan, masih banyak desa yang tidak memiliki sekdes yang berstatus sebagai PNS. Menurutnya, sekdes yang ada diangkat oleh kepala desa (kades)-nya. Ditanya mengenai apakah tidak meyalahi prosedur pengangkatan PNS, Lukman memaparkan hal itu tidak ada persoalan dan sesuai dengan peraturan yang ada.

”Karena kades juga bisa mengajukan pergantian sekdes yang PNS itu dan diganti dengan sekdes non-PNS. Sehingga, sekdes yang PNS itu nanti akan dipindah ke instansi lain untuk ditugasi hal yang lain pula. Karena untuk saat ini, pemerintah masih kekurangan sejumlah pegawai untuk kemaksimalan dalam bekerja,” paparnya. (ito/anm)

Related Search