Jalur Independen Butuh Pengawasan

498 views

KORANKABAR (SUMENEP)-Sejak beberapa hari lalu, pendaftaran calon bupati dan wakil bupati (cabup dan cawabup) dari jalur independen sudah resmi dibuka Komisi Pemilhan Umum (KPU) Sumenep. Namun sejauh ini belum ada yang berniat mendaftar.

Di sisi lain, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumenep juga dituntut memberikan pengawasan. Sebab kendatipun dari perorangan atau tidak melalui partai, pengawasan terhadap cabup-cawabup jalur independen yang nantinya mendaftar tetap harus mendapat pengawasan, mulai dari persyaratan yang telah diatur dan lain sebagainya.

Sementara sejauh ini, dikatakan oleh Ketua Panwaslu Sumenep, Moh Amin berdasarkan koordinasinya dengan pihak KPU, sampai saat ini masih belum ada cabup atau bacawup dari jalur independen yang mendaftar ke KPU Sumenep.

“Soal pengawasan terhadap cabup atau cawabup yang mendaftar ke KPU, kami sudah mulai berkonsentrasi untuk itu. Yakni untuk melakukan pengawasan terhadap dukungan calon yang akan berangkat dari jalur independen tersebut,” ujarnya pada Kabar Madura.

Pihaknya mengaku, bahwa terkait pengawasan tersebut pihaknya diharus untuk aktif untuk berkomunikasi dengan pihak KPU Sumenep. Komunikasi aktif dengan pihak KPU, dijelaskan Amin karena dari jalur independen itu menjadi bagian yang harus ekstra dalam pengawasannya.

“Sementara berdasarkan komunikasi dan koordinasi kami dari panwas dengan pihak KPU sejauh ini, yakni sejak dibukanya pendaftaran dari calon independen, sampai saat ini masih belum ada satu orang pun yang mendaftar ke KPU dari jalur indepen,” tukasnya.

Meskipun masih belum ada calon dari jalur independen yang menyerahkan berkas dokumen pendaftaran dan beberapa dokumen lainnya yang menjadi persyaratan, pihak panwas menegaskan bahwa pihaknya tetap aktif melihat perkembangan sejak beberapa waktu dan kedepannya hingga ditutupnya pendaftaran dari jalur independen.

Sementara itu diakui Ketua KPU Sumenep, A Warits, bahwa hingga saat ini masih belum ada yang menyerahkan berkas atau dokumen pendaftaran ke KPU Sumenep yang menyatakan akan menjadi cabup atau cawabup dari jalur perorangan.

Dijelaskan, dibukanya pendaftaran dari jalur independen berdasarkan pengumuman KPU Sumenep, nomor 211/KPU-Kab-014.329908/V/2015, tentang jadwal penyerahan dokumen dukungan pasangan palon perseorangan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2015, tanggal 24 Mei 2015, penyerahan dokumen sejak, Kamis sampai Senin (11-15/6), paling lambat pada pukul 16.00 WIB.

“Memang sampai saat ini belum ada yang menyerahkan berkas atau dokumen dukungan dari perseorangan untuk mendaftar dari jalur independen ke kami,” akunya pada Kabar Madura. (ong/h4d)

Related Search