MENGANCAM : Sejumlah truk berukuran besar saat memasuki jembatan timbang. KM/ABDUL WAHED

Jalur Lingkar Selatan Terhambat Izin

56 views

KORANKABAR.COM – Keberadaan sistem trasnsportasi darat di Kabupaten Sampang mulai mendapatkan sorotan, pasalnya selama ini belum ada regulasi yang jelas jalur lingkar tengah dan jalur lingkar selatan Kabupaten Sampang.

“Sebelumnya memang ada wacara untuk mengalihkan arus dari bangkalan ke pamekasan dan sebaliknya untuk menggunakan lingkar selatan, dengan catatan, ini berlaku untuk kendaraan berukuran besar,” kata ketua Komisi I DPRD Sampang, Aulia Rahman.

Bukan tanpa alasan, pasalnya selama ini arus lalu lintas di ruas Kota Sampang terpantau sembraut, alhasil banyak kendaraan yang berukuran besar masuk ruas Kota Sampang dan sering merusak kondisi jalan yang ada.

“Dengan adanya peralihan arus untuk menggunakan lingkar selatan ini, selain menggurai kemacetan, juga menjaga daya tahan jalan raya di ruas Kota sendiri,” tambahnya.

Untuk memuluskan rencana tersebut, lanjut Aulia yang baru menduduki slot pimpinan komisi I tersebut, pihaknya menjelaskan sudah melakukan pemanggilan terhadap Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang.

“Pertemuan membahas jalur lingkar selatan sudah kami lakukan, insyaallah dalam waktu dekat ini akan ada tindak lanjut dari ini semua,” tegasnya.

Pihaknya berharap Pemkab Sampang segera menerapkn aturan tersebut, pasalnya selain menjadikan Sampang tertib lalu lintas, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada dipinggiran Kota Sampang.

“Semua akan ikut terangkat, karena bagaimanapun, transportasi sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat,” imbuhnya.
Sementara itu Puthut Budi Santoso saat dikonfirmasi membenarkan adanya wacara tersebut, sehingga dalam arus transportasi nantinya akan dibagi beberapa golongan, sehingga batasan yang dilakukan akan segera diterapkan.
“Dalam waktu dekat ini kami beri tindak lanjut, sementara kami lakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti lantas dan perhubungan,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa perlu adanya kajian starategis terlebih dahulu dalam melakukan pengambilan kebijakan, terlebih jalur lingkar selatan termasuk daerah yang barui di bangun dan perlu kajian. “Proses terus berjalan, kita tunggu saja hasilnya,” singkatnya.(awe/h4d)

Related Search