Keberatan Jelaskan Status Dana TPP Disimpan ke Bank Saat Akan Disalurkan

 

KORANKABAR.COM(SAMPANG)–Muncul alasan baru soal belum dicairkannya tunjangan profesi pendidik (TPP) untuk guru TK,SD, SMP, SMA dan SMK di Sampang. Jika sebelumnya karena dalam tahap verifikasi calon penerima, kini Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang berdalih masih menunggusurat keputusan (SK) dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pendidikan Sampang melalui Kepala Bidang dan Tenaga Pendidikan Achmad Mawardi mengatakan, sampai saat ini dana TPP tersebut masih berada di Kas Daerah (Kasda) Kabupaten Sampang.

“Sampai saat ini dari beberapa orang masih menunggu SK dari pusat terkait penerimaanya,” katanya.

Saat ditanya terkait dana status dana yang berada di kasda tersebut, pihaknya mengaku tidak tahu menahu. Alasannya, pihaknya hanya sebatas pendataan, selebihnya memberikan kepada pihak yang berwenang.

Namun dijelaskan, dana tersebut tidak disimpan di bank. Mawardi menyatakan, dana baru diserahkan ke bank setelah akan ditransfer ke penerimanya. Sayangnya dia tidak menjelaskan di mana dana miliaran itu disimpan, termasuk nominal dana tersebut.

“Dana itu tidak bergerak dan utuh di Kasda, nanti setelah calon penerima diverifikasi, Dispendaloka akan mengirim kepada pihak bank dan langsung di ransfer kepada penerima secara langsung,” tambahnya.

Mawardi juga keberatan menjelaskan jumlah total penerima TPP tersebut dengan dalih lumpa kepastian jumlahnya. Bahkan ketika dikonfirmasi kepada salah satu stafnya, juga muncul dalih masih banyak kerjaan yang harus dilakukan dan dikejar deadline.

“Maaf mas untuk datanya kami masih belum bisa menjelaskan karena masih banyak kerjaan yang masih belum selesai,” kelit salah satu staf di Disdik Sampang itu.

Sementara itu Sekretaris Jaringan Kawal Jawa Timur (Jakajatim) Tamsul sangat menyayangkan atas tindakan dari Disdik tersebut. Pasalnya dalam dunia pelayanan perlu adanya keterbukaan terhadap informasi publik, terlebih untuk mengetahui data.Sehingga dia menganggap, ulahpihak Disdik itu cenderung akan menimbulkan kecurigaan dari publik.

“Jangan salahkan masyarakat jika bertanya-tanya kenapa data itu tidak dikeluarkan,Kalau memangada data sementara, sudah bisa dibetahukan, karena ini menjadi patokan kepuasan masyarakat terhadap Pemkab Sampang,” katanya.(awe/waw)

 

Related Search