Disdik SampangARIF BUDIANSOR, Kabid Kurikulum Disdik Sampang. (KM/DOK)

Kebocoran Soal Dipastikan Nihil

1043 views

KOTA-Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang memastikan, tidak akan terjadi kebocoran dalam pendistribusian soal ujian nasional (unas), sebab distribusi soal unas rencananya akan dikawal petugas dari Polda Jawa Timur dan Polres Sampang.

“Kami sudah koordinasi dengan Polda Jawa Timur dan Polres Sampang untuk menjaga dokumen negara itu, dan soal Unas itu akan kami titipkan di (markas) polres, ” kata  Kepala Bidang Kurikulum Disdik Sampang, Arif Budiansor.

Arif menambahkan, pendistribusian soal unas  tersebut akan diproses di Polda Jawa Timur untuk dirampungkan terlebih dahulu. Kemudian, dibawa ke Polres Sampang dengan kawalan yang ketat dari petugas kepolisian.

Menurutnya, pengawalan itu  merupakan bentuk ke  hatian-hatian pemerintah dalam menjaga dokumen negara. “Upaya tersebut kami lakukan untuk meminimalisasi adanya celah-celah kebocoran soal,” imbuhnya.

Kata Arif, pihak kepolisan hanya bertugas mengamankan soal Unas dan tidak diperbolehkan masuk ke lingkungan sekolah. Kendati demikian, dia belum bisa memastikan waktu pendistribusian soal unas tersebut, dengan alasan hanya orang-orang tertentu yang boleh mengetahui.

“Pelaksanaan unas sebenarnya sama dengan tahun sebelumnya. Cuma yang membedakan di sekolah tidak ada polisi seperti tahun sebelumnya,” jelas dia.

Dijelaskan Arif, dalam teknis pelaksanaanya, pengambilan soal Unas disepakati akan di ditaruh di tiap-tiap markas polsek, supaya pengambilan yang dilakukan oleh panita pelaksana tidak terlalu jauh.

Sementara pelaksanaan unas untuk SMA dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai 13 April hingga 15 April mendatang. Sementara untuk SMP selama empat hari, 4-7 Mei mendatang, sedangakan untuk SD masih belum diketahui.

“Untuk SMA tinggal dua minggu lagi. Dan  SMP masih bulan depan,” pungkasnya. (sam/yoe)

Related Search