Kelola APBD Berbasis ‘Clouds System’ a la Pemkab Jember  

JEMBER-Pemanfaatan teknologi informasi (TI) dalam mengelola kinerja sistem dalam birokrasi pemerintahan menjadi trend belakangan waktu terakhir. Salah satunya adalah Pemerintah Kabupaten Jember yang mengelola APBD melalui sistem informasi daerah Keuangan “Clouds System” dalam jaringan (daring) yang diluncurkan Bupati MZA Djalal di aula pemkab, Rabu (18/3).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Pemkab Jember Ita Puri Andayani mengatakan penggunaan TI dimaksudkan agar dalam pengelolaan APBD dilaksanakan secara efisien, efektif, transparan dan akuntabel.

“Maka digunakan sistem informasi derah (Simda) Keuangan Clouds System,” kata Ita Puri Andayani di sela peresmian.

Sistem pengelolaan APBD ini, kata Ita Puri Andayani, sebenarnya sudah digunakan sejak 2012. Tetapi saat itu belum berbasis daring, karena itulah kemudian sekarang pengelolaannya dilakukan dengan sistem berbasis daring seiring dengan kemajuan teknologi.

“Perubahan menjadi sistem online membuat sistem pelaporan dan manajemen keuangan di Pemkab Jember bisa menjadi lebih cepat,” ujar Ita Puri Andayani.

Ita mengklaim penggunaan sistem berbasis daring itu merupakan yang pertama dilaksanakan oleh Pemkab Jember untuk wilayah Jawa Timur. “Kelebihan dari sistem itu yakni dapat diakses dari mana saja selama terhubung dengan internet, kemudian data terenkripsi sehingga aman dari sadapan dan real time yakni ketika pimpinan ingin melihat laporan, dapat langsung diakses dan memberikan informasi yang akurat,” tambahnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Jember MZA Djalal mengatakan pejabat pemkab harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi karena teknologi merupakan sesuatu yang dinamis dan berkembang setiap saat. “Teknologi modern membuat pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien dan lebih produktif, sehingga diharapkan tertib administrasi, tertib pengendalian, tertib pelaksanaan dan tertib pengawasan,” katanya.(ant/zis)

Related Search