MELINTAS : Kapasitas kendaraan yang terlalu berat ditengarai sebagai penyebab kerusakan jalan di Sampang.

Kendaraan Berat Penyebab Jalan Rusak

236 views

KORANKABAR.COM(SAMPANG) – Beberapa ruas jalan di wilayah Kabupaten Sampang kembali rusak. Kendati baru diselesaikan pembangunannya, belum dilakukan pemeliharaan oleh pihak rekanan. Kerusakan yang terjadi bukan hanya pada jalan kabupaten, namun juga jalan provinsi dan nasional.

Dari pantauan Kabar Madura, jalan yang rusak itu terjadi di sepanjang Jalan Syamsul Arifin, Kecamatan Sampang dan akses jalan Kecamatan Ketapang menuju Kecamatan Sampang.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Sampang Aulia Rahman mengatakan, kerusakan yang terjadi lantaran kurangnya pengawasan dari petugas Jembatan Timbang Dinas Perhubungan (Dishub) dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Jawa Timur.

Kendaraan berkapasitas berat, diduga sering lolos dari Jembatan timbang yang berlokasi di Kecamatan Jrengik itu. Akibatnya, merusak ruas jalan dan menggannggu rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan.

“Saya sangat menyayangkan, mungkin sudah kita ketahui bersama, bahwa pembangunan jalan di Madura ini kualitasnya kurang baik, baik itu jalan provinsi maupun nasional, seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang juga ikut andil dalam pengelolaannya, sehingga dapat meminimalisir kebocoran,” katanya.

Kurangnya rasa kepemilikan dari para pengendara, imbuh Aulia, juga jadi sumber masalah. Sehingga pengendara tak menghiraukan rasa aman dan nyaman saat melewati jalan yang semestinya dilindungi bersama.

“Penindakan harus bisa dilakukan secara nyata, sehingga praktek over kapasitas yang sering terjadi menjadi pertimbangan bagi para pengendara yang melintas agar tidak melintas kembali dan mengurangi volume muatannya,” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada para pihak terkait, baik yang ada di tingkat provinsi maupun nasional, benar-benar memperhatikan kondisi tersebut. Sehingga dengan adanya prihatian bersama, pembangunan infrastruktur yang ada semakin baik. (awe/waw)

 

Related Search