Kepulauan Belum Tersentuh Sosialisasi Pemilukada

KORANKABAR.COM (SUMENEP)–Hingga kini, sosialisasi tentang pemilukada untuk wilayah kepulauan belum dilakukan, padahal waktu pelaksanaannya semakin mendekat. Mestinya Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat berupaya maksimal agar sosialisasi benar-benar menjangkau semua wilayah.

Komisioner KPU Sumenep Abdul Hadi menjelaskan bahwa sosialisasi di kepulauan akan memaksimalkan peran PPK dan PPS masing-masing wilayah. Meski dilakukan PPK dan PPS, ia mengaku yakin sosialisasi kepada masyarakat tetap akan efektif. “Saya yakin, akan maksimal seperti yang kami harapkan,” ungkapnya, kemarin.

Diakui Hadi, di tingkat kabupaten sudah selesai dilakukan. Selain itu, sosialisasi di tingkat PPK juga sudah dilakukan. Diharapkan, PPK ini yang akan melakukan sosialisasi ke tingkat PPS di masing-masing desa. “Nanti PPS itu yang kita dorong untuk melakukan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat di masing-masing daerah,” ujar Hadi. Yang akan menjadi target sosialsasi yang dilakuka PPS adalah organisasi kepemudaan, ormas dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya.

Sebenarnya, kata Hadi, KPU sudah memiliki agenda untuk melakukan sosialisasi kepada sembilan kecamatan wilayah kepulauan. Tapi hingga kini, KPU belum juga mendatangi semua wilayah di kepulauan itu. Sementara untuk di daerah daratan, Hadi memastikan bahwa sosialisasi sudah dilakukan untuk semua kecamatan. “Untuk daratan, kami sudah lakukan sosialisasi,” tuturnya. Dan salah satu materi sosialisasi yang menjadi  materi wajib adalah pemutakhiran data pemilih. (mat/zis)

Related Search