PROMOSI WISATA: Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi (tengah) bersama keluarga besar berpose dengan peserta Kontes Dangdut Akademi 4 Firdaus Sanjaya, di Pendapa Keraton Sumenep, Kamis (30/3) siang.

Kiat Wabup Promosikan Kesenian Tradisional

61 views

KORANKABAR.COM Saronen, adalah salah satu seni musik tradisional asli Sumenep yang tetap lestari mengikuti perkembangan zaman. Termasuk juga budaya duel klasik yang dinamai Ojhung tetap aktif di sejumlah Kecamatan. Sehingga Pemkab Sumenep akan mengenalkan seni dan budaya tersebut ke seluruh masyarakat Indonesia.
Salah satu agenda pengenalan seni budaya daerah akan dilakukan oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi melalui salah satu even kompetisi dangdut Indonesia di sebuah stasiun televisi swasta nasional.
Kebetulan saat ini ada wakil Sumenep yang lolos babak 10 besar kontes Dangdut Akademi 4, yaitu Firdaus Sanjaya asal Kecamatan Kalianget. Sehingga Fauzi berharap dengan penampilan seni musik Saronen dan budaya duel Ojhung di Jakarta, akan menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia untuk mengunjungi Sumenep.

Apalagi seni musik Saronen khas Sumenep dan budaya Ojhung beberapa kali tampil di even besar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Banyuwangi dan Bali. Peran Wabup Achmad Fauzi mengirim duta seniman Saronen dan Ojhung juga untuk mendukung konsistensi Firdaus yang sedang berjuang di kontes dangdut untuk menjadi yang terbaik.
Fauzi juga berjanji akan memberikan support kepada Firdaus yang telah mengharumkan nama Kabupaten Sumenep di kancah dangdut nasional. Keikutsertaan Firdaus secara tidak langsung membantu mempromosikan Sumenep baik dari sisi budaya dan pariwisata.
“Menembus babak 10 besar kontes dangdut se Indonesia bukan perkara mudah. Sehingga kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Firdaus. Apalagi kompetisi menyanyi dangdut disiarkan secara langsung oleh TV, imbasnya Kabupaten Sumenep semakin dikenal,” terangnya.

Capaian yang diraih Firdaus, menurut Fauzi selaras dengan program tahun kunjungan wisata (Visit Sumenep) 2018 yang digagas Pemkab Sumenep. Sehingga promosi wisata dan budaya asli Kota Sumekar bisa diekspose dan ditampilkan di televisi.
Sementara itu, orang tua Firdaus, Sunaryo mengaku telah mendapat respon yang baik dari Pemkab Sumenep untuk membantu mendukung perjuangan anaknya di kompetisi menyanyi dangdut tingkat nasional.
“Kami sudah menemui pak Wabup Achmad Fauzi di Pendopo Sumenep. Beliau mengaku siap membantu kami untuk pertunjukan budaya di Dangdut Akademi,” ujarnya. (h4d)

Related Search