ILEGAL: Puluhan kios terminal, yang dikelola Dishubkominfo Sampang ini, ternyata izin-izinnya belum lengkap. Tapi, sebagian besar sudah ada penyewanya.

Kios di Terminal Belum Berizin

458 views

KORANKABAR.COM (SAMPANG)-Puluhan kios di Terminal Sampang, yang merupakan salah satu bidang usaha milik Pemkab Sampang yang dikelola Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), ternyata sejauh ini izin usahanya belum lengkap. Sehingga, kios-kios tersebut belum sepenuhnya dapat dijalankan sebagai bidang usaha.

Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Sampang, Moh. Fadeli mengakui bahwa izin usaha kios terminal memang belum lengkap dan masih dalam proses pengajuan. Dia mengungkapkan syarat kelengkapan yang belum dapat dipenuhi adalah, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Kata Fadeli, NPWP-nya masih dalam proses pengurusan. ”Kalau surat izin usaha perdagangan (SIUP) sudah selesai, tinggal NPWP yang masih dalam proses pengajuan,” jelasnya, Rabu (1/7).

Fadeli lalu berjanji, dalam waktu akan segera merampungkan persyaratan usaha tersebut. Karena dia juga ingin agar manajemen pengelolaan kios terminal semakin baik.

”Tahun ini kami akan melakukan perombakan perbaikan manajemen pengeloaan kios terminal, salah satunya dengan melangkapi izin usahanya,” tambah Fadeli.

Jika izin usahanya sudah lengkap, lanjut Fadeli, sistem penyewannya pun akan dirombak. Satt ini, kios-kios tersebut disewakan secara harian. Mendatang, harga sewa kios akan dihitung per meter persegi.

”Sesuai aturan yang baru, sewa kios, permeternya (per meter persegi, red) empat ribu rupiah, dan ini sudah tertuang dalam peraturan bupati tentang sewa kios terminal,” jelasnya.

Disisi lain, ia mengakui jika sebelumnya pengelolaan kios terdapat kelemahan. Sehingga, membuat sebagian kios disalahgunakan dan dialihkan oleh penyewa kios.

”Intinya masukan dari masyarakat maupun dewan sudah kami pertimbangkan, dan saat ini sudah ada perbaikan pengeloaan sewa kios,” tandasnya. (mam/yoe)

Related Search