NAIK : Beberapa hari terakhir harga cabai mulai naikKM/ABDUL WAHED.F/PASAR.

Kiriman Sedikit, Harga Cabai Merangkak Naik

99 views

KORANKABAR.COM(SAMPANG)-Harga cabai merah besar di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Sampang terus melambung.Kini harganya mencapai Rp38.000 per kilogram. Kondisi itu membuat para pelanggan cabai mulai mengeluhkan harga yang tak kunjung turun tersebut.

“Sebelumnya masih terjangkau, namun akhir-akhir ini hargnya naik jadi Rp38 ribuan,” kata Suhroh (32) tahun, salah satu pelanggan cabai di Pasar Srimangunan Sampang.

Selain harganya yang mahal, Ia juga mengeluhkan banyak cabai yang membusuk, sehingga pihaknya harus pintar-pintar memilih cabi yang bagus untuk dikonsumsi keluarganya.

Keluhan tersebut juga terlontar dari Mat Hakim (28), penjual bakso yang sering belanja di Pasar Srimangunan.Kondisi naiknya harga cabai itu membuatnya terpaksa merogoh uang semakin dalam, karena cabai merupakan kebutuhan jualan baksonya.

“Walaupun naik, mau gimana lagi pak, iya tetap dibeli, namun saya harap naiknya harga ini tidak lama, agar kondisi ekonomi kami kembali normal, minggu lalu naik Rp12.000. Minggu ini naik Rp11.000 per kilogram, menjadi Rp38 ribu. Kenaikannya memang cukup tinggi,” katanya.

Sementara itu salah satu penjual yang tak ingin dikorankan mengatakan, naiknya harga cabai merah akibat minimnya stok di pasaran. Sementara permintaan cukup tinggi.

“Belakangan ini sering turun hujan, sehingga banyak cabai busuk. Karena cabai memang komoditas yang tidak tahan lama,” katanya.

Namun demikian, untuk cabai kecil pekan ini harganya relatif stabil, Rp15.000 per kilogram. Untuk bawang, baik bawang merah maupun bawang putih, harganya stabil.

“Bawang merah pekan ini harga Rp30.000 per kilogram, dan bawang,putih Rp 30.000 per kilogram. Meskipun stabil, tapi harga bawang saat ini tergolong tinggi dibanding tiga pekan lalu,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Pertambangan (Disperindagtam) Kabupaten Sampang belum bisa dimintai konfirmasi, bahkan saat dihubungi jaringn seluller belum ada tanggapan.(awe/waw)

Related Search