PEDULI PETANI: Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Arm. Mawardi S.A.P, ketika melakukan penanaman jagung pertiwi-3 secara perdana di Desa/Kecamatan Pakong.KODIM 0826 FOR KM

Kodim Tanam 5 Ha Jagung Pertiwi-3

379 views

KORANKABAR.COM (PAMEKASAN)-Sebagai upaya meningkatkan swasembada pangan, Tentara Negara Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) menggalakkan penanaman jagung Pertiwi-3 seluas 5 ha. Itu dilakukan sebagai penguatan terhadap swasembada padi yang juga ditekuni tentara di bawah Komando Distrik Militer (Kodim) 0826 Pamekasan tersebut.

Penanaman jagung tersebut terlaksana atas kerja sama antara Kodim 0826 Pamekasan dengan PT Agri Makmur Pertiwi. Untuk penanaman bibit jagung Pertiwi-3 secara perdana, telah dilaksanakan di Desa/Kecamatan Pakong, Senin (29/6).

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa pejabat dari berbagai kalangan. Di antaranya yakni, Babinsa Kecamatan Pakong, Forpimda Pakong, Perwakilan PT Agri Makmur serta Kelompok Tani (Poktan) Mulyo. Terdapat dua daerah yang menjadi sasaran penanaman jagung Pertiwi-3. Desa Pakong menjadi pusat penanaman jagung tersebut dengan luasan 3,5 ha lahan. Kemudian, Desa Artodung, Kecamatan Galis seluas 1,5 ha.

Dandim 0826 Pamekasan Letkol Arm. Mawardi S.A.P mengatakan, penanaman jagung Pertiwi-3 di dua kecamatan merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan swasembada pangan dari sektor tanaman jagung. Dengan demikian, daerah Pamekasan tidak hanya mampu meningkatkan produktivitas tanaman padi, namun juga akan mampu meningkatkan produktivitas tanaman jagung.

“Kami siap mendukung program pemerintah dalam melaksanakan pendampingan petani. Apalagi, Babinsa saat ini sering turun ke sawah, mengajak petani untuk mengubah kebiasaan petani dalam bertani. Kami ingin mengubah petani Pamekasan dari yang hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan makan, berubah menjadi petani produksi,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari PT Agri Makmur Pertiwi Teguh Prakoso menjelaskan, jika jagung varietas Pertiwi-3 merupakan jenis bibit hibrida hasil persilangan dari jenis jagung yang memiliki sifat-sifat unggul.

“Bibit jagung Pertiwi-3 dipersiapkan dalam menyambut atau mendukung program swasembada pangan. Tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” jelasnya. (ito/anm/adv)

Related Search

    Tags: