TRANSISI : Sejumlah SM/SMK di Kabupaten Sampang segera mengikuti aturan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. KM/ABDUL WAHED

Kualitas Pengajar Tentukan Mutu Pendidikan

62 views

 

 

KORANKABAR.COM(SAMPANG)–Masa transisi pengelolaan lembaga SMA/SMK pada 1 Januari mendatang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang kepala Dinas Pendidikan (Dinpendik) Jawa Timur, menjadi moment kebangkitan dunia pendidikan sebagai pendongkrakt sumber daya manusia.

Terbaru Pemprov Jatim tengah siapkan kontrak kerja peningkatan mutu pendidikan di seluruh SMAN/SMKN di Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kondisi tersebut mendapatkan tanggapan dari berbagai kalangan termasuk dari kursi dewan perwakilan rakyat di Kabupaten Sampang.

“Secara umum ini memang kewenangan dari Pemprov Jatim, namun apapun itu, dampak dari perubahan pengelolaan itu akan dirasakan oleh setiap daerah, termasuk pendidikan di Kabupaten Sampang,” kata Ketua Komisi I DPRD Sampang, Moh Hodai

Pihaknya meminta agar peningkatan mutu pendidikan yang disiapkan oleh Pemprov Jatim tersebut juga dibarengi dengan peningkatan mutu dan kualitas tenaga pendidik, termasuk dengan penguatan disiplin kerja yang selama ini menjadi aturan tersendiri bagi Pegawai Negri Sipil (PNS).

“Peningkatan mutu sudah disiapkan, nah disini juga perlu adanya penguatan kualitas dan disiplin tinggi dari guru pengajar, langkah taktisnya yakni penguatan aturan yang menaungi PNS yang ada, salah satunya penerapan disiplin dan tanggung jawab yang tinggi dari PNS itu sendiri,” tambahnya.

“Karena mau tidak mau disiplin PNS itu akan sangat berpengaruh terhadap hasil dari disiplin dan tanggung jawab terhadap peningkatan dunia pendidikan yang ada saat ini,” imbuhnya lagi.

Pihaknya berharap dengan inovasi yang dilakukan oleh Pemprov Jatim tersebut akan sangat berpengaruh terhdap dunia pendidikan, yang notabennya menjadi ujung tombak untuk menentukan masa depan dari pribadinya dan dari sekelilingnya.

“Seberapa besar SDA kalau SDMnya rendah maka akan dikelola orang lain, nah sebaliknya momen ini jadikan sebagai lompatan untuk menjadi orang yang berkualitas, sehingga nantinya SDM yang tinggi dapat meningkatkan kualitas di Kabupaten Sampang,” hrapanya.

Diberitakan dibeberapa media, Pemprov Jatim tengah siapkan kontrak kerja peningkatan mutu pendidikan di seluruh SMAN/SMKN di Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya lulusan SMA/SMK harus menjaga kualitas sekolah dengan target masuk ke perguruan tinggi negeri, serta menggunakan sistem ganda atau pendidikan berbasis industri.(awe/h4d)

Related Search