TERSUMBAT: Mahasiswa mendatangi kantor Kejari Sumenep lantaran banyak kasus yang jalan di tempat, beberapa waktu lalu. (KM/DOK)

Mahasiswa Tuding Kinerja Kejari Lelet

717 views

KORANKABAR (SUMENEP)–Sudah sejak beberapa bulan lalu, perkembangan dugaan kasus penyimpangan proyek renovasi lapangan Giling Sumenep tidak jelas di meja Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep. Yakni, saksi 7 orang yang sempat diperiksa guna dimintai keterangan soal kasus tersebut belum juga ada perkembangan.

Bahkan, ketika dikonfirmasi ke pihak Kejari Sumenep, penanganan kasus lapangan Giling masih belum terlihat. Pihak Kejari terkesan tidak mau ambil pusing untuk menuntaskan dan mengungkap kasus tersebut.

Sehingga wajar, jika banyak pihak bertanya-tanya soal perkembangan kasus itu. Termasuk diantaranya adalah Front Aksi Mahasiswa Sumenep  (FAM’S). Koordinator FAM’S, Hazmi mengatakan bahwa pihak Kejari Sumenep selama ini masih belum menjukkan tajinya.

“Sudah beberapa lama kasus tersebut, tapi tidak ada perkembangan sama sekali, berarti kinerja Kejari mampet. Mampetnya itu yang perlu dipertanyakan, mampet karena banyak tugas lain atau mampetnya jangan-jangan karena sengaja di sumbat?,” herannya.

Di sisi lain, FAM’S tidak menafikan pengungkapan kasus yang dilakukan Kejari Sumenep. Namun yang diungkap dan yang dituntaskan hanya kasus yang melibatkan kalangan bawah. Sehingga dinilai, penegakan hukum di Kejari Sumenep masih tajam ke bawah tapi masih sangat tumpul ke atas.

“Memang diakui kejari sudah banyak mengungkap kasus, namun itu cuma kasus yang melibatkan orang bawah atau walaupun masuk pejabat, tapi masih pejabat bawah. Tapi ketika menangani kasus yang berkenaan dengan pejabat kelas tinggi di Kabupaten Sumenei ini, tapi malah lemah. Berbagai alasan diutarakan ini dan itu,” tandasnya.

Dikatakan, Kejari Sumenep masih tidak serius menangani kasus yang terjadi di Sumenep. Terbukti, banyak kasus lama yang masih berserakan dan mengendap di meja Kejari. “Harusnya, kalau dilihat dari segi umur kasus yang ada, sudah semestinya kasus-kasus yang ditanganinya tuntas. Mungkin karena pihak Kejari tidak serius atau ada hal lain dengan alasan yang tidak jelas,” tukasnya

Sebelumnya Kasi Pidsus Kejari Sumenep, Sugiyanto mengatakan bahwa kasus lapangan Giling juga diproses atau juga ditangani oleh Polda Jawa Timur. Namun, proses lapangan Giling di Sumenep masih bertkutat.

“Yang lapangan Giling sepertinya juga ditangi pihak Polda Jawa Timur, tapi proses di sini juga tetap jalan. Tahapannya untuk saat ini  masih di tingkat penyelidikan,” katanya singkat. (ong/zis)

Related Search