KM/IST. SRIKANDI: Salah seorang petugas wanita dari Dishubkominfo Bangkalan tengah memeriksa kelengkapan sebuah angkutan.

Melanggar Standar Sedikit, Angkutan Langsung Dikandangkan

KORANKABAR.COM (BANGKALAN)-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Bangkalan melakukan inspeksi secara mendadak (sidak) terhadap angkutan Lebaran di Terminal Kota, Rabu (1/7).

Sidak yang menggandeng DPC Organda Bangkalan tersebut bertujuan memantau kelayakan bus antar kota antar propinsi (AKAD), bus antar kota dalam propinsi (AKDP), mini bus jalur Bangkalan – Pamekasan, dan angkutan pedesaan.

Kepala Dishubkominfo Bangkalan Abd Hamed mengatakan pihaknya ingin memastikan apakah angkutan penumpang yang biasa keluar masuk terminal ini sudah memenuhi stadar angkutan Lebaran.

Dijelaskan, kelayakan angkutan Lebaran tak hanya meliputi fasilitas kendaraan namun juga ketersedian perangkat keamanan seperti palu pemecah kaca yang harus dimiliki setiap bus.

“Kondisi ban kendaraan hingga kebersihan toilet bus tak luput dari pantauan,” ucap Hamed. Ditambahkan, pihaknya tidak akan segan menindak tegas seandainya ditemukan angkutan Lebaran yang tidak memenuhi standar pelayanan dan keselamatan.

“Kami akan kandangkan jika tidak sesuai atau tidak layak karena beresiko terhadap penumpang. Sejah ini semua masih layak, tapi kami terus pantau” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Organda Bangkalan Mulyadi menyatakan, belum membuat keputusan terkait tarif angkutan menjelang Lebaran. “Sementara ini belum ada keluhan dari penumpang. Kami belum mengajukan ke Dishubkominfo terkait penetapan tarif Lebaran,” singkatnya.(sur/zis)

Related Search

    Tags: