INSPEKTORAT PAMEKASAN: Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 48 Tahun 2008 tentang penjabaran tugas dan fungsi inspektorat, diterangkan secara rinci untuk melakukan pengawasan secara teratur.KM/NURUS SOLEHEN

Minim Pengawasan, Kinerja Inspektorat Buram

KORANKABAR.COM(PAMEKASAN)-Sebagai penegak kedisiplinan pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, tampaknya kinerja Inspektorat belum berhasil menjalankan tugas dan wewenangnya. Padahal di Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 48 Tahun 2008 tentang penjabaran tugas dan fungsi inspektorat, diterangkan secara rinci untuk melakukan pengawasan secara teratur.

Dijelaskan bagian empat pasal 14 bahwa inspektorat mempunyai pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan terhadap penyelenggara urusan pendidikan, kesehatan, sosial tenaga kerja, lingkungan hidupn pemuda dan olahraga, pemberdayaan perempuan, pemberdayaan masyarakat, serta penanganan kasus pengaduan masyarakat.

Mengacu pada aturan Perbup tersebut, saat ini Pamekasan tengah digoncangi berbagai persoalan masalah pembangunan, yang hal itu tidak lepas dari peran disetiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang membidanginya.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Pamekasan, Ismail, Selasa (15/11), untuk penegakan kinerja aparatur sipil negara (ASN), inspektorat memiliki wewenang dalam menjalankan tugas kedisiplinan pegawai.

“Inspektorat berhak menegur kinerja pegawai yang tidak sesuai dengan aturan, baik dalam tupoksinya maupun kedisiplinan tugasnya,” terang Ismail.

Selain uraian Perbub juga diterangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2008. Dari itu, Politisi Partai Demokrat tersebut mewanti kepada pihak inspektorat agar bertindak tegas kepada pegawai yang ada di wilayah Gerbang Salam dalam melakukan pengawasan secara profesional.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Pamekasan, mengaku tidak ada yang salah dengan wewenang yang dijalaninya. Pihaknya mengawasi ketat utamanya dalam urusan keuangan.

“Pengawasan itu kami lakukan setiap tahun. Jadi rincian kami dalam mengawasi setiap kinerja pegawai dalam bentuk rekap periode administrasi dalam setiap tahun,” jelas Kepala Inspektorat Pamekasan, melalui Sekretaris Budi Suprapto.

Budi menjelaskan pengawasan dari setiap keinerja pegawai atau pimpinan SKPD di kabupaten pamekasan dilakukan oleh team aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) dari pihak inspektorat.

“Jadi upaya kami dalam mengawasi kinerja pegawai itu dalam tahapan rekapitulasi tahunan,” terangnya.

Berdasarkan fakta dilapangan pihak inspektorat sudah bekerja berdasarkan tupoksinya. Hal itu diungkap wakil rakyat saat ditanya tentang tugas yang dijalaninya. Tapi sayang pihak inspektorat merahasiakan data sanksi pegawai. (km29/h4d)

Related Search