MENANTI KOMPETISI: MU-P sejauh ini masih menunggu digelarnya turnamen yang saat ini tengah dipersiapkan tim transisi bentukan Kemenpora. (KM/Ainul Anwar)

MU-P Belum Putuskan Ikut Piala Kemerdekaan

599 views

KORANKABAR (SUMENEP)-Tim transisi telah menetapkan jadwal akan menggelar Turnamen Piala Kemerdekaan dengan peserta yang diklaim sudah sebanyak 36 klub. Zuhairi Misrawi, selaku koordinator pokja komunikasi tim transisi, mengatakan bahwa nantinya akan ada dua kategori yakni turnamen panjang dan pendek.

Turnamen tersebut, menurut Zuhairi dilakukan demi mengisi kekosongan sebelum memutar kompetisi kasta tertinggi yang untuk sementara dijadwalkan akan digelar pada Februari 2016 mendatang.

“Kami perkirakan ada 36 klub, 20 tim Divisi Utama dan 16 ISL. Juga akan ada turnamen campuran antara klub Divisi Utama dan ISL,” ujar Zuhairi Misrawi.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi mengatakan bahwa turnamen tersebut akan dimulai pada 2 Agustus mendatang. Namun menurut Zuhairi, jadwal turnamen tersebut bisa lebih maju menjadi awal bulan Ramadan atau Juli mendatang.

Kendati sudah memiliki patokan tanggal, hingga kemarin tim transisi bentukan Menpora yang bertugas mengambil alih PSSI masih belum menunjuk operator turnamen tersebut. Zuhairi mengatakan bakal menunjuk operator melalui proses bidding.

Madura United Perssu (MU-P) salah satu tim peserta Divisi Utama sebagaimana disampaikan Didik Untung Syamsidi, masih belum mendapatkan informasi lebih lengkap tentang penyelenggaraan Turnamen Piala Kemerdekaan.

“Kami belum tahu teknis dan pelaksanaan Piala Kemerdekaan yang digagas pemerintah melalui tim transisi. Kalau nanti kami mendapatkan pemberitahuan soal teknis keikutsertaan, kemungkinan besar akan ikut,” ungkap Didik.

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Askab PSSI Sumenep menekankan bahwa proses akhir keputusan apakah MU-P akan ikut serta dalam Turnamen Piala Kemerdekaan sangat tergantung dengan keputusan pengurus, manajemen dan pihak sponsor MU-P.

“Saya tidak memutuskan sendiri. Mekanisme organisasi dan klub masih harus kami jalani. Secara pribadi, saya berminat untuk mengisi kekosongan. Tetapi, itu masih perlu difloorkan pada Komite Eksekutif, Manajemen tim ini dan pihak sponsor yang terikat dengan kami sejak awal tahun ini,” tegas Didik.

Penekanan tersebut, diakui Didik karena keikutsertaan dalam Turnamen Piala Kemerdekaan akan berimbas pada pendanaan yang diakuinya tidak sedikit. “Lihat saja perkembangannya dalam beberapa hari kedepan,” pungkas Didik. (bri/h4d)

Related Search