Ilustrasi Trayek baru Terminal Purabaya - Terminal Porong akan dilayani 30 bus Perum Damri yang dimulai bulan April 2015.

Mulai April, 30 Bus Kota Layani Rute Porong-Bungurasih  

SURABAYA-Trayek baru bus kota jurusan Terminal Purabaya-Porong Sidoarjo bakal dioperasikan mulai April. Sedangkan bus yang digunakan memiliki fasilitas AC yang dikelola Perum Damri.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur Wahid Wahyudi mengatakan trayek baru ini mulai beroperasi bulan depan. “Busnya sebanyak 30 saat ini sudah ada. Bus ini adalah bantuan dari Kementerian Perhubungan,” kata Wahid Wahyudi, Selasa (17/3).

Wahid Wahyudi mengatakan rute perjalanan bus ini adalah dari Terminal Porong yang berada di dekat Terminal Baru Porong, lantas menuju ke Candi, lantas Jl Pahlawan Sidoarjo dan masuk ke Tol untuk menuju ke Terminal Bungurasih pulang pergi. “Bus ini akan di setting berjarak 10 menit tiap bus sehingga pengguna tidak membutuhkan waktu tunggu relatif lama untuk menunggu,” ujar Wahid Wahyudi. “Trayek ini sengaja tidak melalui kawasan Gedangan untuk menghindari macet dan bertabrakan dengan jalur trayek angkutan kota lainnya,” ujarnya.

Dengan adanya trayek baru ini, Wahid berharap pada masyarakat Sidoarjo yang hendak ke Surabaya maupun sebaliknya tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara itu, saat ini, Kementerian Perhubungan juga sedang mengkaji untuk membuka trayek baru bus kota yang melayani Gresik-Surabaya; dan melayani kawasan Malang Raya.

“Saat ini masih kita kaji. Prinsipnya, daerah perkotaan nantinya akan kita dorong adanya transportasi massal yang lebih baik, bisa dengan bus, atau mungkin dengan kereta,” ujarnya. (ssn/zis)

Related Search