KAPASITAS TERBATAS: Salah satu kapal saat membawa masyarakat kepulauan untuk mudik ke kampung halamannya. (KM/Fathor Rahman)

Operator Kapal Antisipasi Lonjakan Penumpang

604 views

KORANKABAR.COM (SUMENEP)–Kabupaten Sumenep, yang sebagian daerah dan penduduknya adalah dari kepulauan sangat memungkinkan jika dalam mudik lebaran nanti, transportasi laut akan terjadi overload seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sejauh ini, transporasi laut untuk mudik lebaran 2015 ini, salah satu operator kapal di Sumenep, yakni PT Dharma Dwipa Utama (DDU), menyediakan jadwal yang nantinya dikhususkan untuk angkutan Lebaran.

Sebab, jadwal yang disediakan untuk angkutan lebaran tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya overload. Sementara kapal yang dipersiapkan hanya dua kapal saja, dimungkinkan lonjakan penumpang akan terjadi dan akhirnya menyebabkan overload.

Menurut Kepala PT Dharma Dwipa Utama Cabang Kalianget Sumenep, Moh Darmawan, demi mengantisipasi lonjakan calon penumpang, pihaknya menyiapkan jadwal pemberangkatan yang berbeda dengan jadwal reguler. Sehingga khusus Lebaran, jadwal kapal akan berbeda dengan hari-hari biasanya.

“Kami memang menyiapkan jadwal khusus di Lebaran nanti, dan itu kami lakukan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang. Maka dari itu, kami menjadwal kapal yang tidak sama dengan jadwal reguler,” ujarnya pada Kabar Madura, Kamis (25/6).

Dua kapal yang dipersiapkan untuk angkutan laut di Lebaran nanti itu, diantaranya KMP Satya Kencana dan KMP Dharma Kartika. Kedua kapal tersebut mempunyai lintasan yang berbeda-beda, sehingga nantinya sejumlah lintasan akan terlayani.

“Kapal Dharma Kartika akan melayani jalur Kalianget-Raas-Jangkar dan Kalianget-Sapudi-Jangkar sebanyak dua kali dalam satu minggu dan sementara untuk kapal Satya Kencana, jadwalnya setiap hari dengan melayani lintasan Kalianget-Jangkar,” jelasnya.

Diharapkan, dengan dua kapal yang ada dan dengan perubahan jadwal dari reguler ke khusus untuk melayani mudik Lebaran, penumpang bisa terlayani tanpa harus terjadi desakan peningkatan calon penumpang.

Mengenai perubahan jadwal sementara itu, pihaknya mengaku akan mengumumkan terlebih dahulu. Sebab ketika dilakukan secara mendadak, dkhawatirkan masyarakat tidak mengetahui perubahan jadwal.

“Makanya, kami akan mengumumkan perubahan jadwal khususu itu terlebih dahulu kepada calon penumpang. Semenatar perubahan jadwal itu akan mulai kita berlakukan, yakni H-10 hingga H+10 lebaran,” ungkapnya. (ong/h4d)

Related Search