KEMBALI KE KHITTAH: Penggabungan bidang kominfo ke dishub sebenarnya kurang relevan, karena dishub tidak memiliki kompetensi di bidang kominfo. Tapi, dua SKPD itu akan kembali dipisah.

Pamekasan Evaluasi Struktur Organisasi Pemkab

921 views

KORANKABAR.COM (PAMEKASAN)-Pemkab Pamekasan bakal merombak secara bersar-besaran struktur organisasinya. Kini, beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) jajaran Pemkab Pamekasan mulai dievaluasi efektivitasnya masing-masing.

Ada sejumlah SKPD yang dievaluasi, yaitu Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, dan Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang (Cikatarung).

Kemudian, Badan Lingkungan Hidup (BLH), serta sejumlah bagian administrasi Sekretariat Pemkab (Setkab) Pamekasan. Di antara beberapa SKPD maupun bidang kerja tersebut, akan ada yang ditiadakan atau digabung dengan SKPD lainnya.Yang dianggap tidak terlalu produktif akan ditiadakan.

Kendati masih sekedar wacana, namun untuk Bidang Kominfo Dishubkominfo Pamekasan sudah hampir diputuskan akan disatukan dengan Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkab Pamekasan.

“Kami sedang mengevaluasi struktur organisasi pemkab, ada beberapa SKPD yang akan ditiadakan, digabung, atau direvitasilasi kembali seperti semula,” kata Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pamekasan, Alwi Beiq.

Selain berencana mengeliminasi Bidang Kominfo dari Dishubkominfo, dan menggabungnya dengan Bagian Humas, Pemkab Pamekasan juga berencana merombak Badan Lingkungan Hidup (BLH) kembali menjadi berbentuk dinas.

Sebab, saat ini ada kewenangan yang tidak bisa di-handle BLH, yakni kewenangan dalam bidang persampahan. Kewenangan itu, saat ini dibebankan kepada Dinas PU Cikartarung. Sementara, Dinas PU Cikartarung memiliki volume beban kerja cukup berat sehingga masalah persampahan lambat terselesaikan.

 

Kurang Maksimal, Bakal Ditiadakan

Sejumlah SKPD berbentuk bagian di jajaran Setkab Pamekasan, juga akan dikaji fungsinya. Beberapa bagian di jajaran setkab yang dianggap kurang produktif akan digabung dengan bagian lain.

Apalagi, standar jumlah bagian di jajaran setkab, maksimal 10 unit. Di Pamekasan, terdapat Bagian Pembangunan, Kesmas, Kesra, Organisasi, Humas Protokol, Umum, Sumber Daya Alam (SDA), Perekonomian, dan Hukum.

“Kami akan lihat bagian-bagian di Setkab, kalau ada yang fungsinya kurang maksimal, ya perlu ditiadakan. Ini masih dibahas secara internal, tapi Pak Bupati (Achmad Syafii) ingin cepat, kami targetkan tahun 2016 sudah selesai,” imbuh Alwi

Soal penggabungan bidang Kominfo dengan Humas Protokol, diperkirakan tidak akan ada penambahan pejabat eselon II. Karena, kata Alwi, Bagian Humas merupakan fungsi staf, sehingga bentuknya tetap bagian bukan badan atau dinas.

Terkait rencana penggabungan, Kepala Dishubkominfo Pamekasan, Mohammad Zakir tidak menampik. Saat ini, Bidang Kominfo masing-masing dipimpin kepala bidang. Jika Kominfo masuk ke Bagian Humas, akan dipimpin satu pejabat eselon III. Namun, kata Zakir, di beberapa daerah lain, humas dan kominfo berdiri sendiri dan dipimpin oleh pejabat eselon II.

“Kalau nanti Bidang Kominfo digabung ke Humas Protokol, berarti jadi eselon 3. Kalau seperti daerah lain, Humas yang gabung ke Kominfo lalu membentuk Badan sendiri sehingga ada pengangkatan eselon II,” tandasnya. (waw/yoe)

Related Search