PAW

1170 views
PAW,5 / 5 ( 1votes )
SUDARMANTO, Sekretraris DPRD Sampang. (KM/SYAMSUL ARIFIN)

SUDARMANTO, Sekretraris DPRD Sampang. (KM/SYAMSUL ARIFIN)

KOTA-Proses pergantian antar waktu (PAW) legislator dari partai Hati Nurani rakyat (Hanura), mendiang Syafiuddin, hingga kemarin (11/3), masih kabur kelanjutannya. Hal itu diakui Seketraris DPRD (Sekwan) Sampang, Sudarmanto.

Menurut Sudarmanto, sampai saat ini Sekwan belum menerima masukan surat dari DPC Hanura terkait rencana PAW, sehingga pihaknya belum bisa melakukan tindakan atas rencana PAW itu.

“Sampai saat ini belum ada surat masuk ke sekwan, sehingga kami belum bisa melakukan tindakan,” ungkap Sudarmanto (11/3)

Disisi lain, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Syamsul Muarif mengungkapkan, sampai saat ini pihakanya belum menerima usulan terkait rencan PAW, baik dari pikah sekwan dan juga DPC Hanura Sampang.

Menurut Syamsul Muarif, dalam persoalan tersebut, KPU hanya memiliki wewenang untuk menyampaikan syarat proses PAW, sedangkan untuk pengganti dari dewan yang meninggal tersebut juga bisa menjadi keputusan partai.

Syamsul melanjutkan, berdasarkan data yang dimiliki KPU, yang berhak menjadi pengganti posisi alm Syafiuddin adalah peraih suara terbanyak kedua. Dalam Pemilu Legislatif 2014 lalu.

“KPU hanya menyampaikan syarat syarat PAW saja, sedangkan yang berhak mengganti posisi almarhum Syafiuddin adalah yang memiliki suara terbanyak kedua,” ungkapnya.

Ditanya terkait ada tidaknya kemungkinan perubahan nama dalam daftar PAW tersebut, Syamsul mengungkapkan, bahwa persoalan tersebut menjadi wewenang parpol. Kendati demikian dia juga mengakui bahwa ada peluang perubahan nama. Namun, ia kembali menegaskan, bahwa persoalan tersebut tidak menjadi wewenang KPU.

“Kemungkinan perubahan nama bisa saja terjadi jika parpol mengajukan keberatan kepada KPU, Tapi sekali lagi saya tegaskan kalau hal tersebut bukan wewenang KPU, itu tergantung kesepakatan parpol yang bersangkutan,” tandasnya. (sam/yoe)

Related Search