KM/ISTIMEWA MAKIN PANJANG: Pemudik roda dua yang melewati Suramadu diprediksi naik 5 persen tahun ini.

Pemudik Motor Diprediksi Capai 209 Ribu Orang

199 views

KORANKABAR.COM (SURABAYA)-Pihak pengelola jalan tol Suramadu memprediksi kenaikan pemudik sepeda motor yang menggunakan Jembatan Suramadu. Peningkatan tersebut diperkirakan mencapai 5 persen lebih ting dibandingkan dengan tahun lalu.

Kepala Gerbang Tol Suramadu Suharyono mengatakan pemudik yang melintasi Jembatan Suramadu diprediksi mencapai 209.000 orang tahun ini. “Arus mudik biasanya mulai seminggu sebelum Lebaran,” ujar Suharyono. Katanya, puncaknya pada H-1 lebaran.

Suharyono mengatakan di jembatan Suramadu, sudah disiapkan sekitar 6 sampai 8 jalur untuk dilewati para pemudik roda dua. Ini sebagai persiapan membludaknya jumlah pengendara sehingga menciptakan antrean panjang memasuki tol Suramadu.

Karena itu, Suharyono mengimbau kepada pemudik roda dua untuk tetap mengutamakan keselamatan saat mudik nanti. Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan persiapan untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik dengan beberapa fasilitas yang segera dirampungkan.

“Saya berharap kepada pemudik untuk tetap menjaga keselamatan berkendara dengan tidak kebut-kebutan saat melintasi Suramadu. Kami juga dari kemarin sudah menyiapkan portal kecil dan marka jalan untuk mengurangi kecepatan pemudik yang rencananya hari ini bisa diselesaikan,” katanya.

Sekadar diketahui, biaya tiket masuk bagi sepeda motor yang melintas di Jembatan Suramadu memang sudah digratiskan oleh Joko Widodo Presiden beberapa waktu yang lalu. Hal ini membuat loket-loket yang biasanya berfungsi untuk mendata kendaraan roda dua sudah tidak berfungsi lagi. (ssn/zis)

Related Search