Peningkatan Ekonomi Butuh Perhatian Pemkab

105 views

KORANKABAR.COM(PAMEKASAN)-Upaya Pemkab Pamekasan untuk menyejahterakan masyarakat perlu dipertanyakan. Terutama di bidang peningkatan ekonomi. Sebab, pergolakan ekonomi masyarakat selama ini terkesan tanpa campur tangan pemerintah. Padahal, peningkatan ekonomi tersebut butuh perhatian serius dari pemerintah.

Pemerintah pusat hendak menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar pada tahun 2020. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo, meminta jajaran kabinetnya untuk memanfaatkan potensi yang ada guna meningkatkan pelaku ekonomi digital di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ismail, Kamis (6/10). Atas dasar itulah, politisi dari Partai Demokrat menghendaki pemkab mempersiapkan sejak dini agar Pamekasan tidak menjadi kabupaten tertinggal dalam hal pengembangan ekonomi digital. Menurutnya, meski tidak optimal, terpenting sumber daya manusia (SDM) terlebih dulu diperhatikan.

”Kami khawatir jika minim perhatian, sangat memungkinkan Pamekasan akan tertinggal jauh dari kabupaten lain. Maka dari itu, terpenting SDM harus ditata mulai sekarang,” ujarnya.

Ismail menjelaskan, di era teknologi informasi saat ini, hampir seluruh kegiatan pendukung masyarakat, termasuk di bidang ekonomi memerlukan dukungan perangkat internet. Dengan demikian, cukup dibutuhkan kepedulian pemerintah dalam hal ini satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk lebih peduli terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.

”Kondisi tersebut harus diperhatikan oleh daerah. Karena kabupaten yang maju di Indonesia, tidak lepas dari dukungan perangkat digital. Pengembangan aplikasi pemasaran produk harus melalui internet guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah pusat,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Ismail, Presiden juga mengingatkan pentingnya dukungan pemerintah dalam upaya memperkuat pelaku ekonomi digital. Terutama dengan sistem deregulasi serta memberikan pelatihan pengembangan kapasitas untuk berkompetisi. Sehingga percepatan jangkauan infrastruktur telekomunikasi yang dibutuhkan pelaku-pelaku mampu ditingkatkan.

”Apalagi sebagian warga di Pamekasan ini sudah terbiasa berbelanja menggunakan internet. Jadi tidak ada salahnya, jika pemkab setempat mulai memberikan pelatihan terhadap masyarakat pelaku usaha,” tukasnya. (ito/nam)

 

Related Search