APRESIASI PRESTASI: Para atlet Pamekasan dan Sumenep peraih medali di pentas Porprov Jatim V kini menanti bonus yang telah dijanjikan. (KM/Ist)

Peraih Emas Tunggu Bonus

576 views

KORANKABAR (PAMEKASAN)-Para atlet penyumbang medali bagi Kontingen Pamekasan di ajang Porprov Jatim V dijanjikan bonus berupa uang tunai sesuai dengan raihannya.

Bagi peraih emas, KONI Pamekasan menjanjikan akan mendapatkan bonus sebesar Rp9 juta, Rp6 juta untuk peraih perak dan perunggu akan kebagian bonus Rp3 juta.

Humas KONI Pamekasan Achmad Fawaid mengatakan, bonus atlet peraih medali masih belum bisa diserahkan dalam waktu dekat. Menurut Fawaid, itu karena panitia kontingen Pamekasan yang berasal dari KONI masih belum selesai melaporkan hasil pelaksanaan secara tertulis pada KONI Pamekasan.

“Masih ada forum evaluasi KONI Pamekasan. Bonus tidak bisa serta merta diberikan karena sumber dananya dari APBD Pamekasan,” ungkap Fawaid, Selasa (16/6).

Terkait dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk bonus, Fawaid mengaku pengeluaran sebenarnya lebih besar dari dua tahun lalu, utamanya untuk peraih emas.

Sebab terdapat enam medali emas yang mampu didapatkan Pamekasan di ajang Porprov V. Itu berarti, KONI Pamekasan harus merogoh kocek mencapai Rp54 juta.

Kendati pengeluaran untuk bonus peraih medali emas bertambah, Fawaid mengaku bahwa pihaknya yakini anggaran untuk bonus tidak akan melampaui dari target yang telah dicanangkan.

“Kami, KONI Pamekasan memproyeksikan meraih 30 medali. Sementara medali yang berhasil kami bawa pulang hanya 20 medali. Tetapi, secara kualitas, memang lebih banyak peraih emas yang bonusnya lebih besar,” ulas Fawaid untuk menggambarkan bahwa dana untuk bonus dipastikan tidak akan jebol.

Ditanya kapan target pendistribusian bonus tersebut, Fawaid mengaku belum tahun pasti. Namun, Fawaid berharap dalam proses evaluasi dalam forum KONI dan proses pencairan dana dari Pemerintah Pamekasan bisa direalisasikan sebelum Lebaran.

Sementara kontingen Sumenep yang berhasil mengondol 11 medali, dengan rincian, 1 emas, 2 perak dan 8 keping perunggu juga menjanjikan bonus tidak hanya kepada atlet, tapi juga untuk pelatih.

Ketua KONI Sumenep, H Sofyan Hadi mengatakan, atlet peraih emas sebelumnya memang telah dirangsang dengan janji pemberian bonus Rp5 juta untuk satu medali emas. Sayangnya, kontingen Sumenep hanya berhasil meraih satu melalui cabor atletik kategori jalan cepat 10 km.

Sofyan mengaku, dalam waktu dekat bonus kepada peraih medali emas akan diberikan. Pihaknya berharap, pemberian bonus langsung diberikan oleh Bupati Sumenep. Agar atlet merasa bangga bisa diberikan penghargaan khusus oleh Pemkab Sumenep.

“Kalau untuk atlet, pemberian bonus memang wajib dilakukan. Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang diraih. Tapi kami memiliki ide baru, rencananya pelatih atlet berprestasi juga akan diberi bonus,” ujar mantan Ketua PBVSI Sumenep.

Pihaknya mengaku, nominal bonus untuk pelatih atlet berprestasi memang lebih kecil dari bonus atlet. Tapi Sofyan berujar, yang penting pelatih yang mencetak atlet berprestasi telah mendapat penghargaan dari jasanya mempersembahkan medali untuk kontingen Sumenep.

“Rencana kami, bonus untuk pelatih sekitar Rp. 1,5 juta. Pelatih juga harus mendapat apresiasi. Karena atlet tidak akan berprestasi tanpa arahan pelatih,” pungkas Sofyan. (aan/bri)

Related Search