Kabag Pemdes Setkab Sumenep Ali Dafir.KM/AINUL ANWAR

Persiapan Belum Rampung

41 views

 

KORANKABAR.COM(SUMENEP)-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) akan dilaksanakan pada 29 November 2016 mendatang. Tapi hingga saat ini masih ada beberapa persyaratan dari desa yang belum rampung.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Kabag Pemdes) Setkab Sumenep Ali Dafir mengatakan, menjelang pelaksanakan PAW Pilkades yang sudah semakin mepet, panitia pemilihan kepala desa masih ada beberapa berkas yang belum diselesaikan. Tapi pihaknya meyakini pesta demokrasi di tingkat desa itu tidak akan tertunda kembali.

“Di lapangan tahapannya masih mencapai 60 persen. Tapi yang penting tidak ada hal yang tidak diinginkan dan suasananya kondusif. Dari 10 desa di 7 kecamatan peserta PAW Pilkades belum ada laporan terkait kisruh masalah pencalonan,” terangnya.

Salah satu berkas yang belum masuk ke Bagian Pemdes, menurut Dafir adalah penyampaian penetapan peserta musyawarah kepada panitia pemilihan. Tapi pihaknya cukup optimis dengan sisa waktu dua minggu ke depan, panitia Pilkades akan menyelesaikan semua tahapan yang dibutuhkan.

Selain itu, Dafir juga menyampaikan sampai saat ini belum ada laporan dari panitia Pilkades terkait calon kepala desa dari desa lain yang mendaftar PAW. “Karena Perda belum direvisi jadi kita tunduk pada aturan. Jadi PAW Pilkades juga bisa ada calon dari luar desa cuma kami belum menerima laporan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 10 desa yang akan melaksanakan Pilkades PAW antara lain, Desa Bunpenang Kecamatan Dungkek. Desa Guluk Manjung dan Desa Lobuk Kecamatan Bluto. Desa Basoka dan Desa Pakondang Kecamatan Rubaru. Desa Bukabu dan Desa Belluk Kenek Kecamatan Ambunten. Desa Batang-batang Daya Kecamatan Batang-batang. Desa Poreh Kecamatan Lenteng dan Desa Brakas Kecamatan Raas. (aan/rei)

Related Search