DUA AJANG: MU-P dalam persiapan tampil di dua kompetisi. (KM/Ainul Anwar)

Piala Indonesia Masih Ada Dua Opsi

1051 views

SUMENEP-Penundaan Kompetisi ISL dan Divisi Utama dipastikan berimbas banyak pada pelaksanaan Piala Indonesia. PT Liga Indonesia selaku pelaksana Piala Indonesia, hingga kemarin masih memunculkan berbagai opsi untuk pelaksanaan Piala Indonesia. Diantaranya, adalah opsi sebagaimana direncanakan semula dengan diikuti sebanyak 96 tim.
Dalam opsi pertama tersebut, sebanyak 76 tim dari Liga Nusantara dan Divisi Utama akan tampil lebih dulu di babak pertama atau 76 besar sebelum masuk ke babak 56 besar, 28 besar, dan 16 besar.
Sementara opsi kedua, putaran awal akan diikuti jumlah peserta yang lebih sedikit. Yakni, ada 56 tim dengan skenario menjadi 28 tim, kemudian 14 tim. “Ke-14 tim ditambah Persib dan Persipura bersaing di 16 Besar,” jelas Sekjen PSSI sekaligus CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono (10/3).
“Nanti bentuknya home and away di babak delapan besar. Babak sebelumnya akan menggunakan sistem knock-out,” tambahnya.
Adapun waktu penyelenggaraan, Joko Driyono sebelumnya menyebut Piala Indonesia direncanakan diputar April 2015 atau setelah ISL musim 2015 digelar sejak 4 April.
Rencana waktu penyelenggaraan itu sendiri berubah menyusul ditundanya ISL. Sebelumnya, PSSI dan Liga Indonesia merencanakan Piala Indonesia digelar sejak Maret 2015.
“Rancangan di kami, sekarang di fase finalisasi. Seperti diketahui Piala Indonesia yang dulunya diplot side by side programnya dengan ISL dan kompetisi lain, simulasinya kemungkinan ending-nya menyisakan semifinal dan final setelah ISL,” pungkas Djoko Driyono.
Sementara itu, Manajemen Madura United Perssu (MU-P) sebagaimana disampaikan Didik Untung Syamsidi menyampaikan bahwa penundaan Kompetisi Divisi Utama dan pelaksanaan Piala Indonesia tidak akan mempengaruhi agenda kegiatan timnya. Menurutnya, MU-P akan tetap menjalankan agenda menjalani latihan rutin dan serangakaian pertandingan ujicobba hingga Kompetisi Divisi Utama bergulir.
“Start pembentukan tim yang kami lakukan memang sedikit terlambat dari tim-tim lain. Makanya, penundaan kompetisi maupun Piala Liga, tidak akan mempengaruhi agenda tim yang telah disusun bersama-sama dengan tim pelatih,” tegas Didik. (bri)

Related Search