KABAR MADURA/ILUSTRASI

Pilih Kawin Muda, Siswi SMP Absen Ujian Nasional

959 views

KORANKABAR (BANGKALAN)-Sungguh sangat disayangkan, meski jenjang sekolah baru sampai SMP, namun salah seorang siswi SMPN 1 di Bangkalan memutuskan untuk menikah di usia muda. Keputusan tersebut membuatnya tidak mengikuti ujian nasional (unas) yang mulai digelar Senin (4/5).

Kepala SMPN 1 Bangkalan Anwari Anwar mengaku sangat menyayangkan sikap siswi inisial SR itu, karena dia sudah masuk ke Daftar Nominasi Tetap (DNT) UN. “Padahal dia sudah ikut ujian sekolah dan tryout yang kami adakan,” jelas Anwari Anwar, Senin (4/5).

Bukan hanya itu, menurut Anwari, pihaknya sebenarnya juga sudah berupaya membujuk siswi asal Kelurahan Kemayoran itu untuk mengikuti unas, namun siswi yang bersangkutan tetap menolaknya.

“Kami sudah memanggil siswi itu untuk ikut UN, namun yang bersangkutan tidak mau setelah menolak ikut UN, kami meminta untuk menanda tangani surat pernyataan,” kata Anwari.

Bukan hanya sikap siswi yang disesalkan, begitu juga sikap kedua orangtua si siswi tersebut. “Permintaan dari orangtuanya. Jadi orangtuanya sudah menyerahkan surat pada kami,” kata Anwari Anwar. “Penjelasan dari orangtuanya sih karena menikah, keluarga kekasihnya yang minta agar segera dinikahkan,” lanjut Anwari.

Sementara itu di SMPN 2 Bangkalan, sejumlah peserta harus berjibaku dengan hujan untuk bisa ikut unas. “Pada UN di hari pertama ini tidak ada masalah,  baik soal, maupun peserta UN  tidak ada masalah, semua siswa hadir walaupun hujan, begitu juga dengan  pengawas,” ujarnya.

Untuk peserta UN SMPN-2 Bangkalan sebanyak  323 siswa dan peserta SMP terbuka 7 orang siswa, semuanya lengkap,” kata Kepala Sekolah SMPN 2 Bangkalan, Edy Haryadi. (zis)

Related Search