PKB Syaratkan 3 Kriteria Bacabup

1230 views

KORANKABAR (SUMENEP)-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah berhitung matang dalam menentukan calon yang bakal diusung pada pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) nanti.

Agar tak membeli kucing dalam karung, PKB telah menggodok sejumlah kriteria di internal partai. Dan hasilnya, terdapat tiga syarat yang akan menjadi dasar pertimbangan.

Pertama, pendekatan melalui hasil survey karena pilihan politik itu mesti harus rasional. Kedua, melihat populasi dari figur yang akan dipilih dalam rangka pemerataan suaranya dan berikutnya, melihat kesiapan calon baik dari kekuatan finansial dan lain sebagainya.

Maka dari itu, Bendahara DPW PKB Jawa Timur, Badrut Tamam menjelaskan bahwa di Sumenep PKB mempunyai banyak pilihan figur yang bisa masuk dalam bacabup. Bahkan tambahnya, saat ini ada banyak kader yang sudah disurvei dari berbagai sudut pandang, tapi saat ini masih belum ada keputusan untuk didorong menjadi bacabup mendatang.

“Untuk rekomendasi, DPW PKB Jawa Timur mengadakan survei lalu didiskusikan di pleno DPP kemudian diambil keputusan siapa yang nantinya diputuskan menjadi calon bupati Sumenep. Karena harapan kita, kita tidak mau kalah di pemilukada mendatang,” terangnya kepada Kabar Madura, Senin (13/4).

Ketua Fraksi PKB di DPRD Jawa Timur ini menuturkan, bahwa rekomendasi cabup nantinya dari DPP. Sementara untuk calon sendiri nantinya yang akan diusulkan oleh DPD ke DPP PKB masih belum ditentukan, hanya saja nantinya tidak menutup kemungkinan akan ada 2 atau 3 calon yang akan diusulkan ke DPP.

Sementara yang diinginkan, PKB di Sumenep terus menjalankan tren positifnya. Sehingga saat ini dan di masa-masa yang akan datang, PKB terus memimpin di Sumenep, baik di bupatinya dan ketua DPRD nya. Bahkan akan mempersiapkan kader-kadernya untuk bisa memimpin Sumenep ke depan.

“Siapapun nantinya yang akan direkomendasi oleh PKB, harus siap maju. Termasuk saya pribadi, jika nantinya DPP ternyata menunjuk saya di pemilukada 2015 ini, maka harus siap. Karena saya sebagai kader partai, apa yang sudah menjadi rekomendasi harus dijalankan dengan sungguh-sungguh,” paparnya.

“Di Sumenep ada banyak figur yang bisa menjadi cabup, baik petahana, KH Unais Ali Hisyam, dan bahkan saya sendiri. Makanya, siapapun nanti yang direkomendasi oleh DPP, baik kiai Unais, kiai Busyro atapun saya, harus tetap bersatu padu memenangkan pemilukada mendatang,” imbuhnya. (ong/h4d)

Related Search

    Tags: