Polres Jember-Disdik Sosialisasi Unas Jujur

1262 views

KORANKABAR (JEMBER)-Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur, menggandeng Dinas Pendidikan setempat untuk mensosialiasikan ujian nasional secara jujur, bermartabat dan beretika.

Sosialisasi yang bertema “Mari Songsong Masa Depan dengan Ujian Nasional yang Jujur, Bermartabat, Beretika, Tanpa Konvoi dan Corat-Coret” tersebut digelar di SMP Negeri 7 Jember yang dihadiri oleh ratusan kepala sekolah, Kamis.

“Kami imbau kepada kepala sekolah untuk menyampaikan sosialisasi ini kepada para siswa, agar peserta didik bisa mengerjakan ujian nasional (Unas) dengan jujur,” kata Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif, di Kabupaten Jember.

Menurut dia, Unas yang jujur dapat tercermin melalui sikap dan perilaku anak-anak sekolah yang santun pada saat mengikuti Unas dengan tidak membawa telepon genggam untuk mencegah peluang terjadinya kecurangan dan tidak melakukan pelangaran seperti menyontek.

“Pelajar yang sudah mengikuti Unas dan dinyatakan lulus seharusnya tidak melakukan konvoi dan corat-coret seragam sekolah karena seragam mereka bisa disumbangkan kepada siswa yang kurang mampu,” katanya.

Sabilul secara tegas melarang adanya konvoi kendaraan keliling kota karena dapat mengancam keselamatan nyawa diri sendiri dan orang lain.

“Jika nantinya masih ada anak-anak sekolah yang berkonvoi kendaraan keliling kota, Polres Jember tidak segan-segan melakukan tindakan tegas demi ketertiban umum,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Jember Bambang Hariono mengatakan pihaknya selalu mengimbau siswa mengerjakan Unas dengan jujur, meskipun saat ini Unas bukan menjadi syarat kelulusan.

“Kami juga selalu mengingatkan kepada sekolah untuk melarang para siswa melakukan konvoi setelah pengumuman kelulusan, namun masih saja ada pelajar yang melakukan konvoi untuk merayakan kelulusan,” tuturnya.

Data di Dinas Pendidikan Jember tercatat sebanyak 17.375 siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat akan mengikuti Unas pada Senin (13/4) hingga Rabu (15/4).

Sebanyak 17.375 siswa yang mengikuti Unas tersebut terdiri dari 6.881 siswa SMA, 10.477 siswa SMK, dan 17 siswa dari SMA Luar Biasa. (ant/h4d)

Related Search