TETAP MARAK: Meski akses menuju penambangan pasir telah ditutup dengan patok beton, penambang masih nekat membuka jalur baru.KM/AINUL ANWAR

Polres Lamban Respon Keluhan Warga Akibat Terdampak Penambangan Pasir Ilegal

 

 

 

KORANKABAR.COM(SUMENEP)-Polres Sumenep dinilai lamban dalam melakukan pencegahan penambangan pasir ilegal di daerah pantura mulai dari Kecamatan Pasongsongan, Ambunten dan Dasuk. Sebab sampai saat ini belum ada reaksi meski sudah sering ada laporan.

Hal itu disampaikan tokoh masyarakat Dusun Lebak Desa Ambunten Tengah berinisial MJ. Ia menuturkan kepada Kabar Madura bahwa sampai sekarang belum ada tindakan dari aparat kepolisian untuk menangkap pelaku penambangan pasir.

“Karena kepolisian terkesan tidak berani melakukan penangkapan, kami beberapa hari yang lalu terpaksa melapor kepada TNI. Cuma TNI masih menunggu laporan secara resmi dari masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas Polres Sumenep AKP Hasanuddin mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Sumenep untuk melakukan razia terhadap penambang pasir di daerah pantura.

Hanya saja sampai saat ini pihaknya menunggu laporan kondisi terkini dari Polsek di daerah pantura untuk melakukan penangkapan. Jika informasi terkait adanya aktivitas penambangan pasir sudah akurat baru dilakukan operasi.

“Ya tentulah, kalau ada aktivitas penambangan pasir ketahuan pihak kepolisian akan ditindak sesuai aturan hukum. Tapi kami masih menunggu informasi A1,” terangnya kepada Kabar Madura.

Mantan Kapolsek Manding itu berdalih tidak tinggal diam dalam mencegah aksi penambangan pasir yang tidak memiliki ijin di sepanjang pantai daerah pesisir utara Sumenep. Buktinya beberapa bulan yang lalu sudah menangkap sebuah truk pengangkut pasir ilegal milik warga Kecamatan Ambunten.

“Kan sudah banyak pelaku yang dihukum. Kami sudah koordinasi dengan Kasatreskrim Polres Sumenep dan memerintahkan Polsek di pantura untuk meningkatkan patroli di daerah yang menjadi titik penambangan pasir ilegal,” tandasnya. (aan/h4d)

Related Search