KM/ISTIMEWA

PPDB Diputuskan Tanpa Tes Masuk

308 views

KORANKABAR.COM (BANGKALAN)-Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan memutuskan tidak akan menggunakan tes masuk dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2015/2016 yang akan dimulai pada tanggal 1 Juli hingga tanggal 4 Juli itu. Selain itu, dalam penerimaaan kali ini disdik tidak akan menggunakan sistem online karena tidak siap.

Kepala Disdik (Kadisdik) Bangkalan Moh Mohni melalui Sekretaris Disdik, Bambang Budi Mustika mengatakan dalam PPDB tahun ajaran kali ini telah disepakati untuk menggunakan surat keterangan hasil ujian nasional atau SKHUN dan tidak ada tes. “Kalau dalam PPDB kita masih tes, berarti terjadi kemunduran, karena tidak menghargai hasil UN,” ungkap Bambang, kemarin.

Diungkapkan oleh Bambang, PPDB kali ini diputuskan tidak diterapkan di lingkungan Disdik Bangkalan. “Kita nggak siap untuk PPDB online, jadi nggak ada sistem online dalam pelaksanaan PPDB nanti,” kata  tambah Bambang Budi Mustika, kemarin

Dijelaskan, untuk melaksanakan PPDB dengan sistem online membutuhkan waktu persiapan yang cukup lama. “Jadi kalau kita mau melaksanakan PPDB online, harus ada sosialisasi kepada siswa yang dimulai sejak tahun ajaran baru, karena kita belum siap maka dalam rapat PPDB kita putuskan tidak ada sistem online,” jelas Bambang.

Begitu juga dengan pagu kata Bambang, dalam PPDB tahun ini telah ditetapkan pagu untuk masing-masing sekolah sebanyak 36 dengan 9 rombongan belajar (rombel). “Kita batasi pagu 36, biar tidak menambah murid dengan maksimal 9 rombel, jadi per rombel 36 siswa,” pungkas Bambang.(med/zis)

Related Search