MIGAS:Forum Peduli Masyarakat Sampang saat memaparkan di hadapan Wakil Bupati Sampang tentang potensi bagi hasil migas yang saat ini belum bisa dinikmati oleh masyarakat Sampang. KM/MOH. KHOIRUL UMAM

Proses Daerah Penghasil

47 views

KORANKABAR.COM(SAMPANG)-Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menyikapi desakan masyarakat untuk diajukan sebagai daerah penghasil migas berjalan lamban. Sebab, sampai saat ini pemkab belum mengajukan kepada pemerintah pusat terkait keinginan penetapan daerah penghasil migas itu.

Sekeretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab)  Sampang Phutut Budi Santoso penetapan daerah penghasil migas merupakan keputusan dari pemerintah pusat. Selain itu, daerah harus memiliki kekuatan hukum dan memenuhi persyaratan penetapan daerah penghasil migas.

”Masih dalam proses persiapan, keinginan masyarakat Sampang ingin ditetapkan sebagai daerah penghaasil migas tetap menjadi perhatian kami,” jelasnya.

Dijelaskan Phutut, salah satu persyaratan dalam menetapkan daerah penghasil migas harus memiliki dasar kuat, baik melalui perda atau lokasi penghasil migas sudah memenuhi persyaratan.

”pemerintah daerah harus memenuhi persyaratan dalam penetapan daerah penghasil migas, dan saat ini kami masih ingin mengkaji dari aspek hukumnya, termasuk pembuatan perda,” paparnya.

Ditambahkan Phutut, dalam memperjuangkan Sampang sebagai daerah penghasil migas tentu melalui tahapan. Maka dari itu, ia berharap kepada semua pihak untuk ikut mengawal agar keinginan itu bisa terwujud.

”Kami masih belum mengajukan ke pusat, fokus kami lebih kepada kelengkapan administrasi maupun persyaratan lainnya,” tambahya.

Sekdakab Phutut berjanji, apabila persyaratan sudah dinilai lengkap, pemkab akan segera menyerahkan kepada pemeritah pusat dan akan menekan segera Sampang ditetapkan sebagai daerah penghasil migas.

”Tentu akan elibatkan sejumlah pihak, terutama dari kalangan legislatif dan tim ahli tentang bagi hasil migas. Dan jika persyaratan dari daerah sudah lengkap akan segera diserahkan ke pusat,” ujarnya.

Ditambahkan Phutut, sejauh ini masih belum kajian khusus tentang daerah penghasil migas. Namun, sebagian pihak yang berkeyakinan ketika dilihat dari potensi dan lokasi ekploitasi migas, Sampang sudah layak dijadikan daerah penghasil migas.

”Jika memang memenuhi persyaratan, kami akan mempejuangkan semaksimal mungkin Sampang dijadikan daerah penghasil migas,” tukasnya.(mam/h4d)

 

Related Search