KM/ISTIMEWA TAK BERKURANG: Salah satu petugas kebersihan jembatan Suramadu tengah menyapu bagian jembatan yang terkotori sampah para pengendara.

Puasa, Petugas Kebersihan Suramadu Tetap Bekerja 12 Jam

KORANKABAR.COM (BANGKALAN)–Di saat jam kerja pegawai negeri sipil (PNS) dikurangi selama bulan puasa, namun hal itu tidak berlaku bagi petugas kebersihan jalan tol Suramadu. Mereka tetap bekerja selama 12 jam.

Para pekerja yang dijuluki pasukan kuningnya Jembatan Suramadu ini seperti tidak kenal istilah waktu libur. “Walaupun saat ini bulan puasa, kami tetap bekerja full sebagai mana biasanya. Kami memakai sistem shift atau pergantian personel setiap 6 jam sekali,” ujar Sugiyono, salah satu petugas kebersihan, seperti dilansir, maduracorner.com, Selasa (30/6).

Menurut Sugiyono, jumlah personel petugas kebersihan Suramadu sebanyak 8 orang. Mereka inilah yang dibagi bertugas membersihkan Suramadu setiap saat dengan sistem shift tersebut. Artinya, dalam sehari terdapat 4 orang yang bekerja menurut pembagian tugasnya.

Yakni masing-masing satu orang bertugas di sebelah kanan-kiri jembatan. Baik di jalur roda dua maupun roda empat. Tugasnya tentu saja untuk membersihkan sampah yang berserakan di atas jembatan terpanjang se-Asia Tenggara ini.

Tugas mereka sebenarnya cukup berat. Karena di bawah terik sinar matahari, kebersihan jembatan sepanjang  5 km lebih ini menjadi tanggung jawab mereka. “Tiap hari rutin. Kecuali hujan. Baru kita kerjakan setelah cuaca terang,” ujar Sugiyono.(mdc/zis)

Related Search