RSUD Bangkalan Galakkan Gerakan Budaya Masyarakat Sehat 

KORANKABAR.COM (BANGKALAN)-Bertujuan memberikan edukasi tentang hidup bersih, manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan menggelar acara Hand Higiene pada Jumat (17/3).

Menurut panitia penyelenggara Nur Sutiyawati, kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut Surat Edaran DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) terkait peringatan HUT PPNI ke 43 yang mengusung tema Gerakan Perawat Mendukung Masyarakat Sehat.

Gerakan cuci tangan tersebut dilakukan secara serempak di seluruh poli dan ruang inap RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan mulai pukul 08.00 hingga 10.00 dengan melibatkan sekitar 100 orang lebih yang berada di lingkungan rumah sakit, baik pasien maupun keluarganya. Ummi Fadhilah, salah seorang staf perawat yang terlibat dalam kegiatan tersebut mengatakan gerakan ini dilakukan secara serentak di RSUD Syarifah Ambami rato Ebu yang dibagi menjadi tiga kawasan, yakni barat, tengah, dan timur.

Selain itu, panitia juga memberikan penyuluhan kepada keluarga pasien tentang gerakan hidup bersih yang dimulai dari mencuci tangan. Di hadapan keluarga pasien dan pengunjung rumah sakit, Ummi menjelaskan tentang tata cara budaya masyarakat sehat dan bersih melalui cara cuci tangan yang baik dan benar.

“Sebenarnya cara seperti apapun dalam cuci tangan ini baik dan betul. Tetapi beberapa langkah yang kami sampaikan kepada masyarakat ini agar sela-sela jari serta ujung kuku bisa dijangkau dan menjadi bersih,” terang Ummi.

Kepala Bidang Promosi Kesehatan RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan Urip Budiman mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program nasional sesuai dengan instruksi Departemen Kesehatan.  Menurutnya, terpenting bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud itikad baik dan komitmen RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu untuk terus berbenah memberikan yang terbaik bagi pasien dan seluruh masyarakat Bangkalan.

Sementara Direktur Utama RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu drg Yusro menyebut jika kegiatan tersebut berlangsung secara serentak di seluruh rumah sakit di Indonesia. ”Gerakan cuci tangan ini dilakukan secara serentak di seluruh rumah sakit di Indonesia. RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu turut serta dalam kegiatan ini karena memiliki nilai positif bagi pasien dan keluarganya, serta masyarakat Bangkalan pada umumnya,” ujarnya. (mal)

HIDUP BERSIH: Staf RSUD Syarifah Ambami rato Ebu memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga pasien tentang cara mencucui tangan yang baik dan benar. (Foto: KM/Muchlis Aliwafa)

Related Search