TURUN LAPANGAN: AKP Musa Bachtiar, bertugas langsung memimpin satuan lalu lintas di Polres Sumenep. (Satlantas for KM)

Satlantas Polres Sumenep dan Prestasi

427 views

KORANKABAR.COM (SUMENEP)–Sekitar saat tahun pengabdian AKP Musa Bachtiar sebagai Kasatlantas Polres Sumenep. Sebentar lagi, dirinya tidak akan lagi bertugas di Sumenep, dan serah terima jabatan (sertijab) akan dilakukan hari ini ini, Rabu (1/7) yang mana bertepatan dengan hari Bhayangkara ke 69.

Menurut Musa, selama bertugas di Sumenep selama sekitar 1 tahun, banyak pesan dan kesan yang didapatkannya selama bertugas sebagai Kasatlantas. Banyak dinamika dan hal-hal yang bisa dijadikan pelajaran untuk karir kedepannya dan memacu diri untuk lebih lagi.

“Sementara untuk pencapaian Satlantas Polres Sumenep juga sudah luar biasa, salah satunya dalam menertibkan masyarakat berlalu lintas, khususnya dalam penggunaan helm dan utamanya kesadaran masyarakat melindungi putera-puterinya saat berkendara, karena juga memakai helm,” ujarnya pada Kabar Madura.

Pencapaian lainnya, yakni kegiatan menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas), Satlantas Polres Sumenep beberapa kali mendapatkan penghargaan dari Direktorat karena bisa menekan lakalantas dan mendisiplinkan masyarakat.

Sekitar 3 kali penghargaan dalam kurun waktu satu tahun, yakni 2014 sampai dengan 2015 menduduki peringkat ke 2, ke 3 dan terakhir ke 2 dalam bulan tertib lalu lintas.

“Kemudian juga kawasan jalan Trunojoyo pernah mendapatkan penilaian dari tim Provinsi Jawa Timur, bergabung dengan Direktorat Lalu Lintas dan Dishub serta PU Bina Marga Provinsi, terkait tertib lalu lintas. Yang mana Sumenep mendapatkan juara harapan 3 dalam penilaian kawasan tertib lalu lintas,” paparnya.

Sementara prestasi terakhir duta lalu Lintas dan dalang Polisi bersahabat. Satlantas mengirim duta Lalu Lintas untuk lomba duta Lalu Lintas tingkt Jawa Timur, dalam rang hari bahyangkara yang ke 69.
Akhirnya, duta Lalu Lintas dari Sumenep mendapatkan juara favorit. Sementara untuk lomba dalang Polisi bersahabat mendapatkan juara harapan 3.

“Di sisi lain, terkait hal pelayanan juga kita tingkatkan. Kami mencoba untuk bebas dari calon dan pungli demi mengedepankan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kemudian juga kegiatan kemasyarakatannya, beberapa program juga kita luncurkan, diantaranya Poltas Blusukan, Polantas masuk desa, polisi sahabat anak dak kegiatan yang bersifat edukasi ke sekolah-sekolah,” terangnya.

Dalam pengantar lepas pisah, sejumlah kesan pesan dari anggota Satlantas Poles Sumenep. Salah satu kesannya adalah bahwa komandannya merupakan pemimpin yang pintar, tegas, penuh dengan kreatifitas dan inovasi.

Pemimpin yang selalu memberikan tauladan untuk menjadi kompak walaupun sedikit gampang marah, yang membela anggotanya dalam berbagai hal dan bertanggung jawab dengan apa yang diucapkan dan dilakukan. (ong/h4d)

Related Search